Pemprov Kalsel lantik 2 Dokter Pendidik Klinis Ahli Utama

Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar melantik dua Dokter Pendidik Klinis Ahli Utama.(ist)

Banjarbaru, kalselpos.com – Jumlah tenaga fungsional dokter  berpendidikan utama di lingkungan Pemprov Kalsel, Senin (10/5) resmi bertambah.

Ini setelah Sekda Kalsel, Roy Rizali Anwar secara resmi melantik
dua Dokter Pendidik Klinis Ahli Utama.

Bacaan Lainnya

Mewakili Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA, Sekretaris Daerah Kalsel Roy Rizali Anwar melantik dr. Among Wibowo, spesialis syaraf, serta Dr. dr. Dwi Laksono Adi Putro, spesialis jantung dan pembuluh darah, sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia.

Turut menyaksikan pelantikan berlangsung dengan khidmat di Ruang H. Maksid, Setdaprov Kalsel,  Direktur Utama  RSUD Ulin Dr. Suciati, Asisten Administrasi Umum, serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

“Saudara-saudara yang hari ini dilantik, diharapkan dapat memberi kontribusi positif dalam mentransfer ilmu dan mempersiapkan calon-calon dokter,” ucap Roy Rizali dalam sambutannya.

Berdasarkan PERMENPAN-RB Nomor PER/17/M.PAN/9/2008,  jabatan fungsional Dokter Pendidik Klinis memiliki ruang lingkup dan tanggung jawab tugas.

Tugas lain pelayanan spesialistik, pengabdian masyarakat, pelayanan pendidikan dokter dan dokter spesialis, serta penelitian guna pengembangan ilmu kedokteran di Rumah Sakit Pendidikan.

Roy Rizali berpesan agar kedua dokter senantiasa bekerja secara profesional dan melakukan pelayanan sesuai standar pelayanan medik, guna mendukung percepatan pembangunan kesehatan di Kalsel.

“Pembangunan kualitas SDM sektor kesehatan yang digambarkan oleh indikator harapan hidup kita masih rendah dibanding angka nasional.

Maka percepatan pembangunan kesehatan membutuhkan SDM-SDM yang handal,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Ulin dr. Suciati menyampaikan kebutuhan jumlah dokter pendidik klinis menyesuaikan dengan pengembangan bagian di masing-masing rumah sakit.

“Misalnya di Ulin, ada enam bagian yang melakukan pendidikan dokter spesialis, ada beberapa yang kurang dan masih cukup,” terangnya.

Bidang yang kekurangan dokter pendidik klinis adalah Penyakit Dalam. Beberapa dokter terkait masih mengikuti pendidikan konsultan.

 

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait