Disperakim LH HSS Gelar Bimtek Proklim 2021

  • Whatsapp
Kegiatan Bimtek Proklim di Kabupaten HSS (Ist)

Kandangan, kalselpos.com – Bertempat di Aula pertemuan Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Bimbingan Teknis terkait Program Kampung Iklim (Proklim) dan workshop Sistem Registrasi Nasional (SRN) serta aplikasi Spectrum Mitigasi,digelar pada Rabu dan Kamis 3 – 4 Mei 2021.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Perumahan, Rakyat Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten HSS,Ronaldy Pranata Putra. Pada kesempatan itu Putra menyampaikan apresiasinya kepada 8 desa yang melakukan aksi mitigasi terhadap dampak buruk beruban Iklim. Ke delapan desa itu yaitu Desa Tibung Raya, Desa Padang Batung, Desa Tambak Bitin, Desa Bajayau Lama, Desa Pakuan Timur, Desa Badaun, Desa Lungau, Desa dan Jembatan Merah. Kedelapan desa yang ikut Program Kampung Iklim tahun 2021 ini, diharapkan dapat melibatkan masyarakat dalam aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim

Kita berharap ruh dari Proklim ini yaitu keterlibatan masyarakat dalam aksi adaptasi dan mitigasi terhadap dampak buruk dari perubahan iklim,” ucap Putra.

Kendati terbilang baru menjabat, Komitmen Kepala Dinas Perumahan, Rakyat Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Selatan
dalam menjaga/ pencegahan pencemaran sungai Amandit telah dilakukan. Pihaknya bekerjasama dengan aparat dan LSM menutup 27 penambang liar galian C.

“Kita tak hanya menutup,namun mencari solusi dengan mengalihkan tambang liar tersebut ke lokasi yang tidak menyebabkan pencemaran lingkungan, yaitu ada 5 lokasi yang telah disiapkan,” ungkapnya.

Pihaknya juga bertekad menjadikan kampung hijau menjadi kampung iklim , selaras dengan visi misi Kabupaten HSS menjadikan Desa hijau.

“Adipura tahun ini, selaku titik pantau adalah Kampung Iklim,” tegasnya.

 

DisperakimLH Kab. HSS akan membentuk Tim Pembina Kampung Iklim dan SK Bupati hulu sungai selatan terkait Kemitraan Kampung Iklim dengan pihak perusahaan dan perbankan

Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada DLH Provinsi Kalsel yang telah memberikan pembinaan terhadap masyarakat dalam ikut serta pada kegiatan Proklim yang mempunyai manfaat ekonomi dan lingkungan serta bermanfaat dalam pengendalian perubahan iklim seperti banjir dan kebakaran hutan di Kabupaten HSS.

Sementara Nara sumber dari DLH Provinsi Kalsel M. Khoirulloh menyampaikan beberapa kebijakan dan perkembangan Program Kampung Iklim di Kalsel, serta sistem penginputan SRN dan praktek Spectrum Mitigasi. “Pada hari kedua pertemuan ini,dihadiri beberapa Kepala desa yang meraih apresiasi Proklim tahun sebelumnya,” sebut Khairulloh kepada Kalselpos Jumat (7/5/2021)

Khairulloh juga menyebutkan, keterlibatan pihak terkait pada kegiatan Proklim ini punya peran penting. “Dinas Teknis terkait seperti Pertanian, Perdagangan, Perikanan, Perkebunan, Kesehatan, PKK dan Pariwisata, pelaku usaha dan perbankan ini sangatlah diharapkan ikut memberikan dukungan terhadap Proklim,”sebutnya.

Selaku penelaah Dampak Lingkungan DLH Provinsi Kalsel, Khairulloh juga mengatakan,Peran berbagai pihak dalam pembentukan kampung iklim, sangatlah penting,dimana harus adanya kolaborasi antar Pemerintah daerah, Dunia Pendidikan dan Pihak Ke 3 (Perusahaan).

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.