Ibnu – Arifin “menang” tapi terganjal gugatan AnandaMu

  • Whatsapp
Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga Kelurahan di Banjarmasin Selatan 28 April 2021.(dok)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Langkah pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina – Arifin Noor untuk menduduki kursi dua posisi tinggi kepala daerah itu, kembali harus tertahan.


Sebab meski dapat dipastikan menang dengan perolehan suara tertinggi, setelah proses pemilihan suara ulang (PSU) di tiga kelurahan di Kota Banjarmasin 28 April kemarin. Namun untuk proses penetapan hasil tersebut kembali ditunda.
Semula, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menjadwalkan, proses pleno penetapan perolehan suara Pilkada Kota Banjarmasin 2020 dan penetapan hasil PSU, pada Jumat (7/5).
“Penetapan ditunda, sampai nanti ada pemberitahuan selanjutnya,.. mksh..” ujar Komisioner KPU, M Syafrudin Akbar, kepada wartawan, Jumat (7/5/2021).
Penundaan dilakukan karena adanya gugatan pasangan Ananda – Mushaffa Zakir (AnandaMu) di Mahkamah Konstitusi (MK) yang telah terregister.
“Jadi di PKPU memang atau ketentuan itu. Bila ada laporan gugatan maka belum bisa ditetapkan,” ungkapnya.
Permohonan itu berkaitan dengan keberatan saksi AnandaMu yang tercatat dalam kejadian khusus di KPU Banjarmasin saat rekapitulasi. Termasuk adanya dugaan ketidak netralan penyelenggara PSU.
Sebelumnya, PSU di Tiga Kelurahan di Kota Banjarmasin yakni Kelurahan Murung Raya, Mantuil dan Basirih Selatan, dilaksanakan berdasarkan putusan MK atas gugatan AnandaMU.
Kini gugatan atas penyelenggaraan PSU itu kembali dilakukan tim AnandaMU, hingga untuk proses pleno rekapitulasi saja kembali harus tertunda, apalagi penetapan pemenang Pilkada Banjarmasin 2020, harus kembali bersabar.

Bacaan Lainnya

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.