Baznas Kotabaru salurkan 285 Zakat ke Warga tidak mampu

  • Whatsapp
Teks: Kepala Kemenag Kotabaru Drs H Said Muhdari MM

Kotabaru, kalselpos.com – Kepala Kantor Kementerian Agama Kotabaru Drs H Said Muhdari, MM menghadiri acara Penyerahan Santunan Ramadhan Fitrah 1442 Hijriah bagi fakir miskin melalui program Kotabaru Peduli 2021 yang dilangsungkan di Gedung Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kotabaru, Rabu (15/5/2021).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kotabaru H Said Muhdari menyatakan, menjelang lebaran Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) harus mempu menjadi solusi ditengah terhimpitnya ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Penyerahan santunan ramadan fitrah yang dilaksanakan Baznas Kotabaru sangatlah bagus untuk membantu masyarakat yang berhak mendapatkan perhatian dan santunan dari pemerintah.

“Semoga bantuan ini dapat memberikan keringan bagi penerima zakat (mustahik) untuk menyambut lebaran dimasa pandemi Covid-19 saat ini,” ucap Kepala Kemenag Kotabaru.

Program Kotabaru Peduli yang diluncurkan Baznas ini akan dapat memaksimalkan potensi pemberi zakat (muzakki) dalam mengamalkan rukun Islam ketiga. Hal ini dilakukan guna menyejahterakan umat secara lebih luas terutama menjelang lebaran.

“Dengan Program Kotabaru Peduli 2021 kami berharap dapat mencegah terjadinya kelaparan,  terlebih kepada para keluarga pekerja yang sudah tidak memiliki lahan pekerjaan atau sumber penghasilan dalam menghadapi lebaran di masa pandemi,” ungkapnya.

Jika seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun pegawai perusahaan swasta bisa menyalurkan zakat profesinya ke Baznas maka akan banyak masyarakat tak mampu yang akan terbantu.

Dengan adanya program ini tentunya akan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu bahkan diharapkan kedepannya para muzakki selalu bertambah sehingga semakin banyak mustahik terbantu,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Baznas Kotabaru, H Muhammad Dimyati juga mengatakan, Baznas Kabupaten Kotabaru akan menyaluekan zakat, infak serta shodaqoh (ZIS) kepada 285 orang yang berhak menerima dan nilai zakat yang disalurkan mencapai Rp 57 juta.

“Dibulan suci ramadhan ini kita akan salurkan zakat kepada 285 orang kepada guru ngaji/TPQ, kaum dhuafa serta fakir dan miskin,” bebernya.

Baznas Kotabaru sebelumnya telah menyalurkan bantuan kepada siswa-siswi kelas XII baik Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Madrasah Aliyah (MA) yang kurang mampu untuk bisa melanjutkan kuliyah.

“Kami berharap dengan adanya zakat ini akan semakin banyak anak-anak didik yang terbantu untuk meneruskan pendidikan mereka kejenjang yang lebih tinggi lagi,” jelasnya.

Untuk zakat yang terkumpul merupakan zakat dari masyarakat baik perorangan maupun kolektif seperti gaji PNS yang dikumpulkan melaui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang ada di kantor dinas atau lembaga.

“Zakat yang disalurkan merupakan zakat yang dihimpun dari berbagai UPZ yang ada di kantor dinas seperti UPZ Setda, UPZ Kemenag, serta SKPD. Disamping itu juga dari lembaga lain seperti UPZ yang ada di sekolah-sekolah,” ungkapnya.

Pihaknya akan terus bersosialisasi agar nantinya masyarakat dapat mempercayakan untuk membayar zakat ke Badan Amil Zakat karena Baznas telah diberikan kewenangan oleh undang-undang mengumpulkan dan mengelolah serta menyalurkan nya.

“Semoga Kedepanya akan banyak lagi jumlah dana dari muzakki sehingga nanti akan semakin banyak masyarakat yang terbantu dan bagi yang penerima zakat agar dapat menggunakannya dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.