Ketersediaan Bahan Pokok di Tapin Cukup dan Harga Masih Stabil

  • Whatsapp
Tim Gabungan Dinas Perdagangan Tapin monitoring ketersediaan bahan pokok dan harga di Pasar Keraton Rantau.(ist)

Rantau, kalselpos.com – Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin bersama Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Bolug melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok dan sayur di Pasar Keraton Rantau. Rabu (5/5).

Bacaan Lainnya

Pemantauan harga dalam rangka memonitor ketersediaan bahan pokok dab akhir bulan puasa dan jelang hari raya Idul Fittri 1442 hijriah.

Kepala Dinas Perdagangan H Harliansyah mengatakan, kami tim dari Dinas Perdagangan, Pertanian, ketahanan Pangan, Perikanan dan Bolug memonitor ketersediaan bahan pokok dan harga yang di jual Pasar Keraton Rantau. Dari pantauan semua kebutuhan pokok tersedia cukup dan harga stabil.

“Secara umum dari hasil monitor dilapanhan, ketersediaan bahan pokok cukup seperti telur, daging, beras, ayam ras, beras dan harga stabil, “ujarnya.

Untuk telur ayam harga Rp24 ribu perkilogram, telur itik kampung dijual perbiji Rp2500 dan telur puyuh Rp30 ribu perkilogram.

Sementara beras juga stabil dengan harga 12 ribu perliter untuk jenis siam unus dan mayang dan beras lokal jenis ciherang mengalami penurunan kisaran harga Rp7 ribu perliter.

“Hal ini dikarenakan saat ini masyarakat kita sedang panen padi melimpah, “katanya.

Selanjutnya juga harga daging stabil dan tidak pernah naik sejak awal ramadhan sampai hari ini kisaran 130 ribu perkilogramnya.

Hanya saja ikan lokal gabus mengalami kenaikan Rp55 ribu perkiligram, namun naik disini sekalian dengan upah membersihkan ikannya saat dibeli pembeli. “Jadi bahasa banjarnya menyiang (membersihkan) upah tambahan jadi harga ikannya tetap, “ujar mantan Kabag Kesra Setda Tapin ini.

Sementara untuk daging ayam ras juga mengalami kenaikan yakni di tingkat produksi, hal ini berdampak pada penjual menaikkan harganya.

Ketika ditanya awak media, terkait larangan mudik.apakah akan berdampak pada harga bahan pokok, namun kata kadis perdagangan belum harga kebutuhan pokok tentunya belum memastikan apakah ada kenaikan atau tidak, tentunya pihaknya akan memantau terus dan melaporkan kepasa dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.