Safrizal Sarankan HSU Fokus Pengembangan Pertanian

  • Whatsapp
Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA saat memberikan sambutan pada Harjad ke 69 Kabupaten HSU.(ist)

Banjarbaru, kalselpos.com – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memiliki potensi besar di pertanian dan perikanan.

Kondisi ini merupakan peluang besar bagi kabupaten yang berusia 69 tahun ini, jika dioptimalkan pemanfaatannya melalui program dan inovasi yang tepat.

Bacaan Lainnya

Karenanya, Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel, Safrizal ZA menyarankan Pemkab HSU lebih memaksimalkan peningkatan sektor pertanian untuk mengangkat perekonomian daerah setempat.

Hal itu diutarakan Safrizal pada peringatan Hari Jadi (Harjad) ke 69 (1952 – 2021) di Mess Negara Dhipa Amuntai, Sabtu (01/05/21).

Apalagi lanjut Safrizal, HSU berada pada lokasi yang tidak jauh dengan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur.

Dikatakan, usia 69 adalah masa potensial untuk berbuat lebih baik untuk masyarakat. Karena tidak ada istilah tua dalam berbuat untuk pembangunan.

“Bila ingin ikut ambil bagian, harus berbuat dan menjadi salah satu daerah pemasok kebutuhan masyarakat di Kaltim,” ujarnya.

Potensi pertanian yang besar di HSU dapat dilihat dari kemampuan daerah ini mencukupi kebutuhan pangan yang cukup, kendati masa pandemi covid-19.

Sementara, lahan untuk bidang di pertanian masih banyak belum digarap. Pemkab HSU menggelar peringatan Harjad ke 69 (1952 – 2021) di Amuntai, dan juga disiarkan secara langsung (live streaming) melalui jaringan televisi lokal dan youtube.

Di Mess Nagara Dhipa Kantor Bupati HSU, acara dengan penerapan protokol kesehatan ketat itu tidak lebih 20 orang/undangan, termasuk Bupati/Wakil Bupati HSU, Abdul Wahid dan Husairi Abdi.

Tarian penyambutan kedatangan Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA pun disuguhkan melalui rekaman video.
Bupati HSU, Abdul Wahid dalam sambutannya mengatakan, kendati digelar sederhana, peringatan Harjad HSU tetap dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan penghargaan yang tinggi kepada para pelopor/pejuang pembentukan Kabupaten.

“Karena sinergitas semua lapisan masyarakat di HSU berjalan dengan baik, sehingga memudahkan proses pembangunan di HSU dan pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Disadari, TA 2020 dan 2021 merupakan masa yang sulit bagi Pemkab HSU karena harus melakukan pangkasan anggaran untuk penanganan Covid-19.

Acara dirangkai dengan penandatanganan prasasti sejumlah proyek yakni proyek rekonstruksi penahan banjir Desa Kotaraja Kecamatan Amuntai Selatan, proyek peningkatan jalan Danau Panggang Banirik, proyek peningkatan jalan pasar Sabtu Danau Panggang, dan proyek peningkatan Jalan Palampitan Hilir – Alabio, serta pencanangan pembangunan RSUD Pambalah Batung Amuntai di Muara Tapus.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.