Antisipasi Karhutla Minamas Plantation Gandeng Muspika Gelar Apel Siaga

  • Whatsapp
. Simulasi penanggulangan Karhutla 2021 di area perusahaan perkebunan Minamas Plantation.(ist)

Batulicin, kalselpos.com – Memasuki musim kemarau, ancaman Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang biasanya terjadi di Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan (Kalsel) perlu diantisipasi sedini mungkin.

Antisipasi itu dilakukan Perusahaan Perkebunan Minamas Plantation di wilayah perkebunan PT. Sajang Heulang dan PT. Ladangrumpun Suburabadi dengan menggelar apel siaga dan simulasi pencegahan Karhutla tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Tempat pelaksanaan dilakukan di wilayah perkebunan di desa Salimuran, Kecamatan Kusan Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Kalsel pada hari Kamis 29 April 2021 pagi.

Dalam simulasi penanggulangan Karhutla 2021 di area perusahaan perkebunan tersebut menggandeng
Forum Komunikasi Kecamatan Kudan Hilir, Forum Komunikasi Kusan Tengah dan Kapolsek Kuranji serta beberapa Kepala Desa di kecamatan tersebut, diantaranya dari Desa Salimuran, Satiung, Betung dan Harapan Jaya.

“Kami mengundang para tokoh dan perwakilan masyarakat dari masing-masing desa 2 orang dan juga Tim Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tanbu,” terang Supriadi Sihombing selaku kordinator pelaksana yang juga sebagai Manajer PT. Sajang Heulang dan Ladangrumpun Suburabadi kepada kalselpos.com Jumat (30/4/21) sore.

Tujuan dari kegiatan ini kata Supriadi Sihombing berdasarkan sambutan dari Ondra Utama selaku perwakilan Manajemen Minamas Plantation pada Kamis kemarin adalah :

1. Menunjukkan bahwa peran perusahaan perkebunan turut serta andil dalam pencegahan Karhutla di sepanjang tahun.

2. Meningkatkan kesadaran kepada masyarakat sekitar areal perkebunan, untuk mencegah dan waspada akan terjadinya Karhutla.

3. Menujukkan kelengkapan Sarana dan Prasarana (Sarpras) yang ada di perusahaan perkebunan sebagaimana yang telah ditentukan dalam Permentan No. 5/2018. tentang kelengkapan Sarpas pencegahan karhutal

4. Mempresentasikan kepada forum komunikasi pimpinan kecamatan tentang sistem pengamatan Hotspot dan pencegahan Karhutal di perusahaan perkebunan.

5. Bagi desa-desa yang berhasil mencegah terjadinya Karhutla di setiap tahun di desanya maka perusahaan perkebunan memberikan reward berupa perlatan pemadam kebakaran seperti, mesin pompa lengkap 1 (satu) set dan lainnya.

Terpisah, Komandan Koramil 1022 – 02 Kusan Hilir Letda. Haris Muda Nasution melalui pesan singkatnya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh pihak swasta seperti perusahaan perkebunan dibawah naungan Minamas Plantation.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat membantu pemerintah dalam menangani Karhutla pada setiap tahun yang terjadi di daerah seperti Kalimantan dan juga memberikan edukasi kepada masyarakat.

Hal senada dikatakan Kapolsek Kusan Hilir AKP H. Opa Atim Wibawa, S.Sos, pihaknya sangat mendukung dan sangat membatu dalam rangka mengantisipasi terjadinya Karhutla khususnya yang berada di wilayah hukum Kusan Hilir..

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.