PSU di tiga Kelurahan, Ibnu – Arifin tetap Menang

Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Banjarmasin tahun 2020, di tiga kelurahan di wilayah Banjarmasin Selatan, Rabu (28/4) kemarin.

Banjarmasin, kalselpos.com – Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Banjarmasin tahun 2020, baru saja usai digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tiga kelurahan di wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan, pada Rabu (28/4) kemarin.
Berbagai komentar dan opini bermunculan terkait hasil perolehan suara yang akan diperoleh empat pasang calon yang berlaga pada PSU tersebut. Bahkan kandidat yang akan tampil sebagai pemenang seakan sudah diprediksi lebih awal, jauh sebelum PSU dilaksanakan pasca keputusan MK terkait sengketa Pilakda Banjarmasin itu.
Pasangan Ibnu Sina – Ariifin Noor dengan nomor urut (02) disebut tetap akan tampil sebagai pemenang, karena telah mengantongi modal awal perolehan mencapai 16.826 suara. Perolehan itu berdasarkan hasil penetapan KPU pada Pilkada Desember lalu.
Jumlah tersebut dianggap cukup besar mengingat dari tiga kelurahan yang melaksanakan PSU itu, masing-masing untuk Kelurahan Mantuil terdapat Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 9.887 di 29 TPS.
Kemudian di Kelurahan Murung Raya terdapat DPT sebanyak 8.565 di 23 TPS. Sedangkan Kelurahan Basirih Selatan sebanyak 10.604 DPT dengan 28 TPS.
Disisi lain, saat sudah beredar hasil perolehan suara versi hitung cepat di media sosial, pasangan nomor urut 4, Hj Ananda dan Mushaffa Zakir (AnandaMu) meraih suara terbanyak dengan meraihan sekitar 66,35 persen atau sebanyak 11.834 suara, disusul Paslon nomor urut 2, H Ibnu Sina dan H Arifin Noor meraih sekitar 28,13 persen atau 5.018 suara.
Posisi ketiga ditempati Psslon nomor urut 3, H Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy dengan raihan 573 atau 3,21 persen, kemudian Psslon nomor urut 1, H Haris Makkie dan Ilham Noor dengan raihan 412 atau 2,31 persen dari total suara sebanyak 17.837 suara.
Meski menang di PSU tersebut, dari hasil hitungan cepat penjumlahan semua perolehan suara, pasangan Ibnu-Arifin tetap bertengger diurutan atas, meraih total suara sebanyak 89.404 suara atau 37,96 persen, sementara AnandaMu meraih 81.359 suara atau 34,54 persen.
Sementara itu, Haris-Ilham meraih berada diposisi tiga terbanyak, yakni, 34.860 suara atau 14,80 persen, sedangkan Khairu-Habib Muhammad berada diurutan akhir dengan raihan sebanyak 29.917 suara atau 12,70 persen.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, meminta masyarakat untuk menunggu perhitungan resmi hasil pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Banjarmasin 2020 yang selesai dilaksanakan Rabu (28/4).
Anggota KPU Kota Banjarmasin Syafruddin Akbar menyatakan, pelaksanaan PSU Pilkada Banjarmasin tahun 2020 di tiga kelurahan itu berjalan lancar. “Saat ini kotak suara hasil PSU sudah diamankan di kantor kecamatan, semua dijaga ketat,” ujarnya.
Pihaknya memastikan belum ada mengeluarkan hasil resmi baik hitungan sementara atau hitungan cepat, atas hasil PSU di 80 tempat pemungutan suara (TPS) di tiga kelurahan tersebut.
“Artinya adanya hasil hitung cepat yang beredar di media sosial saat ini bukan dari kami,” tegas Akbar.
KPU baru akan melaksanakan rekapitulasi hasil penghitungan suara PSU secara resmi di tingkat kecamatan pada 29-30 April. “Setelah itu dilanjutkan rekapitulasi hasil penghitungan suara PSU Pilkada Banjarmasin tahun 2020 di tingkat kota pada 1-2 Mei,” tegasnya.
Hasil tersebut baru akan diumumkan secara resmi ke public, paslon pemenang perolehan suara dan total perolehan suara masing-masing.
“Paslon mana yang meraih suara terbanyak, baru ditetapkan menjadi pemenang Pilkada Kota Banjarmasin tahun 2020,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Bacaan Lainnya

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait