Workshop SRN di Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana Kabupaten Tanbu Serta persiapan Proklim Lestari Desa Batulicin Irigasi

  • Whatsapp
Kegiatan Workshop SRN di Tanah Bumbu (Ist)

Batulicin,kalselpos.com – Workshop Sistem Registrasi Nasional (SRN) Program Kampung Iklim (Proklim) Dan Pengisian Spectrum Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dilaksanakan di Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu Kamis (22/4/2021)

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dihadiri para Kepala desa dan penggeliat proklim dari 12 desa biaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanbu, tampak hadir kasi Pemerintahan Kecamatan Angsana dan juga beberapa CSR perusahaan diantaranya PT. Borneo Indo Bara, PT. Tunas Inti Abadi dan PT Wahana Maenmont.

Pada kesempatan ini Kepala Desa Sumber Baru Dwi Partiwi menyampaikan rasa bahagianya, desanya masuk dalam proklim, “Walaupun tahun lalu masih berstatus tingkat madya, semoga tahun ini,kita bisa ke tingkat Utama,” ucap Dwi Pertiwi.

Desa Sumber Baru juga dikenal dengan Minatani Pertaniannya,termasuk Desa Tangguh yang memiliki segudang prestasi.

“Desa kami terkenal dengan minatani pertaniannya, desa sumber baru juga masuk desa tangguh dan beberapa prestasi diperoleh baik tingkat provinsi maupun nasional,” ungkapnya.

Kegiatan Workshop SRN di desa yang memiliki kuliner khas, yaitu Soto Manggala ini,dibuka langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu, Rahmat Prapto Udaya.

Pada kesempatan itu,Rahmat menyampaikan akan pentingnya adaptasi dan mitigasi.

“Melalui Proklim Kita berharap desa kembali ke suasana kampung dimana saat ini desa banyak beralih fungsi hanya mengejar materi, lupa akan kondisi lingkungan yang asri dan berwawasan lingkungan, akibatnya saat terjadi bencana, lambat pulih ke kondisi asal lantaran kurang tanggap terhadap lingkungan,” jelas Rahmat.

Dicontohkannya,suasana pendopo desa Sumber Baru tempat berlangsung acara terdapat udara yang sejuk. “Semilir anginnya terasa sejuk,tanpa harus menggunakan AC namun membuat kesan adem akibat adanya tanaman pelindung di sekitar balai desa,inilah yang dimaksud aksi adaptasi mitigasi masyarakat,” sebutnya.

Rahmat juga mengatakan, Desa Sumber Jaya sebagai penghasil kripik Talas yang gurih dan nikmat dan terkenal dengan Mina tani pertaniannya.

Penelaah Dampak Lingkungan DLH Provinsi Kalimantan Selatan, M.Khoirullah menyampaikan manfaat kampung iklim dan efek attitude perilaku masyarakat terhadap lingkungan.” Banyak hal yang bermanfaat serta membawa pengaruh positif terhadap perilaku masyarakat terhadap keseimbangan alam ini,” jelas Khairulloh.

Dalam kegiatan ini, masyarakat, khususnya penggiat Proklim juga mendapatkan arahan dari Abdul Rahim dan Restu dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKLH)wilayah Kalimantan .Restu dan Abdul Rahim menyampaikan aksi adaptasi dan mitigasi serta cara pengisian di SRN serta penerapan spectrum di lapangan.

Kegiatan ini juga dihadiri kepala Desa Batulicin irigasi Supriadi, selaku Desa pembina Proklim di Kabupaten Tanbu yang tahun ini diusulkan menjadi Proklim tingkat Lestari.

Proklim merupakan-program berlingkup nasional yang dikelola oleh kementerian LHK Dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com  di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.