Produksi Darah di PMI Banjarmasin terancam terhenti

  • Whatsapp
: dr Aulia Ramadhan Supit

Banjarmasin, kalselpos.com – Produksi darah untuk keperluan transfusi di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin, terancam terhenti sementara.

Penghentian menyusul ketiadaan dana untuk keperluan produksi atau pengolahan darah.

Bacaan Lainnya

“Sekarang ini, beberapa rumah sakit di Banjarmasin dan sekitarnya yang bekerjasama dengan kami. Dalam beberapa bulan terakhir, belum melakukan pembayaran biaya pengolahan darah. Jadi kami kesulitan dana dalam pengolahan atau produksi darah,” ujar Ketua UDD PMI Kota Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit, kepada wartawan, Senin (12/4/2021).

Menurutnya, selama masa pandemi Covid 19 terjadi, sejumlah rumah sakit sering terlambat dalam melakukan pembayaran tagihan tersebut. Bahkan untuk kurun waktu tiga bulan terakhir, nilai tagihan yang belum dibayar mencapai total Rp4 Miliar.

“Padahal kami selama ini, hanya mengandalkan dana penggantian itu untuk keperluan seperti produksi, kantong darah, pemeriksaan regen sampai gaji pegawai,” ungkapnya.

Hutang pihak rumah sakit bebernya, rata-rata besarnya mulai Rp300 juta hingga Rp900 juta perbulan.

“PMI selama ini tidak mendapat bantuan dana dari Pemerintah, Jadi, dana pengganti pengolahan darah itulah yang kami gunakan lagi untuk biaya produksi,” ucapnya.

“Kalau juga tidak dibayar, kemungkinan kurun waktu satu bulan kedepan, kami tidak bisa memproduksi darah lagi, kasian masyarakat yang membutuhkan transfusi darah,” katanya.

Pihaknya tegas dr Rama, sudah melakukan upaya dengan menyampaikan surat permohonan pembayaran ke pihak rumah sakit. Nyatanya, hingga sekarang belum ada pembayaran.

“Kita berharap dalam waktu dekat ada solusi sehingga pengolahan darah di PMI tetap bisa berjalan maksimal. Kita juga tidak ingin, PMI stop produksi,” tutupnya.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Aspihan Zain

Pos terkait