Indeks keterbukaan terhadap Publik di Banua dinilai Komisi Informasi RI

  • Whatsapp
GELAR DISKUSI - Komisi Informasi RI bekerjasama dengan Komisi Informasi Provinsi Kalsel sekaligus tergabung dalam Pokja Daerah Indeks Keterbukaan Informasi Publik saat melaksanakan Focus Group Discussion tentang Indeks Keterbukaan Informasi Publik 2021, berlangsung Jumat (10/4/21) lalu, di Banjarmasin.

Banjarmasin, kalselpos.com – Komisi Informasi Republik Indonesia bekerjasama dengan Komisi Informasi Provinsi Kalsel sekaligus tergabung dalam Pokja Daerah Indeks Keterbukaan Informasi Publik (POKJADA IKIP) melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang Indeks Keterbukaan Informasi Publik 2021.

Acara ini melibatkan sembilan Informan Ahli yang terdiri dari unsur pemerintah, unsur pelaku usaha, dan juga unsur masyarakat tersebut, berlangsung Jumat (10/4) lalu, di salah satu hotel di Banjarmasin.

Bacaan Lainnya

Para informan ahli ini berdiskusi dan berkalibrasi untuk memberikan pendapat terhadap 85 pertanyaan yang terdiri dari beberapa indikator, seperti politik, ekonomi, dan hukum yang telah disusun dan digodok oleh tim pusat kemudian disandingkan dengan data serta fakta yang ada di Kalsel.

Hasil dari pelaksanaan Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) ini kemudian akan dihitung dan dikalkulasikan yang akan menjadi angka Indeks Keterbukaan Informasi Publik 2020 di Banua yang kemudian akan digabung dengan angka indeks keterbukaan informasi publik di 34 provinsi se Indonesia yang kemudian akan menghasilkan angka Indeks Keterbukaan Informasi publik secara nasional.

Dengan adanya hasil indeks keterbukaan informasi publik, ini diharapkan akan memberikan gambaran kepada masyarakat, pemerintah, maupun para pelaku usaha yang ingin berinvestasi di Indonesia ataupun di Kalsel khususnya, sejauh mana penyerapan informasi-informasi publik sampai dan diterima di masyarakat, serta juga regulasi-regulasi yang melindungi keterbukaan informasi tersebut.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

penulis/editor : s.a lingga

Pos terkait