Dispera KPLH dan Daha Selatan Raih Penghargaan Inovasi Innovation Awards 2021 ‎

  • Whatsapp
‎MENYERAHKAN- Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry menyerahkan penghargaan HSS Innovation Awards 2021.(Kominfo)

Kandangan, kalselpos.com –Dispera KPLH dan Daha Selatan Raih Penghargaan Inovasi Innovation Awards 2021 ‎Kandangan, kalselpos.com- Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) dan Kecamatan Daha Selatan meraih penghargaan terbaik dalam ‎HSS Innovation Awards 2021, kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten HSS, Kamis (8/4 ).


Inovasi pelayanan publik ‎Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup adalah ‎Deteksi Tingkat Kerusakan Penerangan Jalan Umum (PJU), dan Kecamatan Daha Selatan inovasi Sistem Pengelolaan dokumen APBDES berbasis website.

Kepala ‎Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup ‎Kabupaten HSS, Ronaldy Prana Putra, mengatakan inovasi Deteksi Tingkat Kerusakan PJU jika ada laporan masuk dapat ditanggulangi dalam 1 x 24 jam bisa diperbaiki.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, dalam inovasi ‎Deteksi Tingkat Kerusakan PJU ada pelaporan tersendiri melalui kontak hotline dan grup Whatsapp yang diberi nama detak PJU yang didalamnya ada Camat, Kepala Desa, RT dan RW yang telah direkomendasikan oleh kepada desa. “Setiap ada permasalah langsung disampaikan dan ditanggulangi dalam 24 jam,” ujarnya.

Ia mengatakan, inovasi Deteksi Tingkat Kerusakan PJU‎ telah dibuat sejak tahun 2018 yang hanya dilaksanakan hanya pada jam kerja, namun untuk saat ini dilaksanakan 7 hari dari seminggu dari jam 8 pagi hingga sampai jam 12 malam. “Karena keterbatasan SDM inovasi Deteksi Tingkat Kerusakan PJU‎ hanya dilakukan hingga pukul 24.00 WITA,” ujarnya.

Sementara itu, ‎Kecamatan Daha Selatan‎ Nafarin, menjelaskan inovasi‎ Sistem Pengelolaan dokumen APBDES berbasis website dibuat karena saat ini APBDes sangat menyita kertas dan tempat penyimpanan tempat atau ruangan.

Nah, untuk menanggulangi hal tersebut dibuat inovasi ‎Sistem Pengelolaan dokumen APBDES berbasis website‎, untuk mengurangi pemakaian kertas dan mengurangi penuhnya ruangan. “Data yang ada dijadikan file ‎elektronik berupa pdf dan disimpan dalam penyimpanan cloud,” ujarnya.‎

Menurutnya, yang semula pencarian data di ruangan dengan mencari bolak-balik, kini dengan Sistem Pengelolaan dokumen APBDES berbasis website, cukup ‎tinggal klik search akan ketemu langsung data yang dicari. “Jika diperlukan bisa langsung bisa di print out,” ujarnya.

Ia menambahkan, ‎untuk masyarakat juga disediakan menu untuk mengakses laporan keuangan secara umum, bukan laporan keuangan secara rinci, sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana Desa dan ADD‎. “Saat ini, ‎Sistem Pengelolaan dokumen APBDES berbasis website‎ telah dikembangkan untuk penyimpanan berkas RPJMDES dan RKPDes,” ujarnya.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor : Wandi