BPOM HSU Sasar Mahasiswa Terkait Keamanan Obat dan Makanan

  • Whatsapp
Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan Sosialisasi Keamanan Obat dan Makanan dengan tema 'Generasi Muda Sehat Tanpa Ngobat' di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai, Kamis (8/3).(ist)

Amuntai, kalselpos.com – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan Sosialisasi Keamanan Obat dan Makanan dengan tema ‘Generasi Muda Sehat Tanpa Ngobat’ di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai, Kamis (8/3).

Bacaan Lainnya

Hal ini mengingat, penyalahgunaan obat terutama narkotika dan obat berbahaya atau narkoba bagi remaja yang diduga dapat digunakan sebagai upaya sistematis untuk merusak karakter remaja Indonesia agar kualitas hidupnya menurun.

“Selain narkotika para remaja juga banyak yang melakukan penyalahgunaan obat, terutama psikotropika,” terang Vrisca Geri Asa Hardian, SKM dari BPOM HSU di depan 40 peserta.

Peredaran ini tidak terlepas adanya orang yang mencari keuntungan tanpa memperhatikan dampak yang diakibatkan, sehingga telah berupaya dengan mengedarkan obat psikotropika dan narkotika secara luas.

” Hal tersebut mengakibatkan dengan mudahnya para remaja mendapatkan obat psikotropika dan narkotika. Apalagi para remaja yang belum stabil, sehingga ingin mencoba-coba,” imbuhnya di depan para mahasiswa/i.m tentang Generasi Muda Sehat Tanpa Ngobat.

Pada kesempatan itu pula dilakukan pengujian dengan menggunakan Mobil Laboratorium keliling dan Rapid Test Kit (Rhodamin B, Metanil Yellow, Formalin dan Boraks) terhadap 12 sampel yang terdiri dari pentol, saus, tahu, sempolan, es sirup, siomay dan lain sebagainya. Dari hasil pengujian didapatkan semua sampel Memenuhi Syarat (MS) atau aman untuk dikonsumsi.

BPOM HSU menghimbau para Mahasiswa dan masyarakat untuk smart sebelum membeli obat-obatan. Sekarang ini, marak beredar obat palsu dan ilegal yang bebas dibeli dimana saja.

“Untuk itu sebagai konsumen harus cerdas dan melakukan Cek KLIK yaitu Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kadaluarsa,” pungkasnya.

Sosialisasi juga diisi, Riadhatul Azizah, S.Farm, Apt memberikan materi mengenai Penggolongan Obat, serta H.Syamsudin, S.E dari Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten terkait, Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GB) Bagi Generasi Muda.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: adiyat
Editor : wandi