DPRD Balangan Gelar Sidang Paripurna dengan Agenda HUT Balangan Ke18

  • Whatsapp
Bupati Balangan H Abdul Hadi,menyampaikan sambutan pada sidang paripurna DPRD Agenda HUT Balangan Ke 18 Tahun 2021.( Kurnadi)

Paringin,kalselpos.com –Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD ) Kabupaten Balangan menggelar paripurna dengan agenda Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Balangan Ke 18 Tahun 2021 yang jatuh pada 8 April 2021.

Kegiatan rapat paripurna dengan agenda Hari Ulang Tahun Kabupaten Balangan Ke 18 Tahun 2021 berlangsung Rabu (7/4) di Aula sidang utama Sekretariat DPRD Kabupaten Balangan. Kegiatan ini dipimipin langsung Ketua DPRD Balangan ,Ahsani Fauzan ,didampingi Wakil Ketua1 Ifdali.

Bacaan Lainnya

Sementara itu dari unsur eksekutif dihadiri Bupati Balangan H.Abdul Hadi dan Wakil Bupati Balangan H.Supiani dan para Kepala SKPD Pemerintah Kabupaten Balangan dengan berpakai adat daerah Kabupaten Balangan.
Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan dalam sambutannya mengatakan HUT Balangan menjadi salah satu hal yang khusus sehingga setiap tahunnya DPRD Balangan melaksanakan sidang khusus ,sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT dan dan terima kasih kepada para panitia penuntut Kabupaten Balangan .

Pada kesempatan ini Ketua Panitia penuntut Kabupaten Balangan yang telah berganti nama perhimpunan Kabupaten Balangan HM.Yusuf Aini,menyampaikan sejarah terbentuknya Kabupaten Balangan.

Disampaikannya, dari Tahun 1999 melakukan penjejakan dengan Pemerintah Hulu Sungai Utara dan DPRD HSU sampai mendapat rekomendasi untuk melakukan usulan pembentukan Kabupaten Balangan ke Gubernur Kalimantan Selatan dan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan untuk mendapatkan rekomendasi untuk mengusulkan kepemerintah pusat dan DPR RI.
“Akhirnya berkat usaha yang terus menerus pada tanggal 8 April mendapatkan rekomendasi bersama Tanah Bumbu menjadi Kabupaten Balangan, sehingga 8 April setiap tahunnya menjadi HUT Balangan,”pungkasnya.
Seemntara itu Bupati Balangan H Abdul Hadi menyampaikan, Kabupaten Balangan jauh tertinggal dengan kembarannya Kabupaten Tanah Bumbu dari berbagai sektor pembangunan. “Ini tugas Ulun selaku Bupati Balangan untuk meningkatkan pembangunan menara kota membangun desa.Walaupun dengan anggaran yang terbatas tentunya kita sesuaikan dengan dana kita.ulun telah perintahkan semua pejabat untuk membawa dana alokasi khusus sebanyaknya agar dapat melakukan berbagai sektor pembangunan,”jelasnya.
H.Abdul Hadi juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya hanya mendapatkan Royalti dari PT Adaro hanya 45 persen terbalik dengan Kabupaten Tabalong 55 persen. “Pada hal Tahun 2016 kita mendapatkan 78 persen.Hal royalti ini sangat dominan dalam rangka pendanaan pembangunan untuk itu Ulun mengajak DPRD Balangan untuk menemui Kementerian keuangan untuk menanyakan hal ini,” katanya.

Disampaikannya, supaya tidak ketergantungan dengan Adaro.kita kedepan menyiapkan sektor pariwisata untuk meningkatkan perekonomi daerah.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis:kurnadi
Editor:wandi