Jelang Puasa, Harga pangan terpantau turun di Ije Jela

  • Whatsapp
Pemkab Batola melalui Diskoperindag melakukan pemantauan harga dan ketersediaan pangan jelang puasa.

Marabahan, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) melakukan monitoring harga dan ketersediaan pangan di sejumlah pasar tradisional, khususnya di pasar tradisional Marabahan.

Bacaan Lainnya

“Menjelang puasa bulan ramadhan tahun 2021 ini, stok dan harga sejumlah komoditas pangan di sejumlah pasar tradisional di Kota Marabahan terpantau stabil, bahkan ada alami penurunan beberapa komoditas,”ujar Kabid Perdagangan Diskoperindag Batola, Surono, S.Sos, Selasa (6/4/2021).

Pemantauan harga bahan pokok di kabupaten berjuluk bumi Ije Jela ini, kata Surono, rutin dilakukan setiap satu minggu sekali, jadi bukan hanya menjelang ramadhan dan lebaran saja dimonitoring.

Kendati belum berdampak pada harga sejumlah bahan pokok, menurut pria ramah itu harus perlu diantisipasi, biasanya kenaikan permintaan yang cukup signifikan selama masa puasa dan lebaran.

“Harga pangan berpotensi naik setiap menjelang puasa dan lebaran, kenaikan terjadi akibat melonjaknya permintaan yang cukup tinggi pada waktu yang bersamaan,”kata Surono.

Menurutnya, langkah penting untuk meredam kenaikan harga kebutuhan pokok tak terkendali, diantaranya, daging ayam ras, daging sapi, gula, bawang, cabe dan telur.

Bahan pokok kebutuhan masyarakat tersebut memang rawan bergejolak jelang ramadhan dan lebaran dan masih sangat berkaitan erat dengan kondisi di pasar.

Dalam hal ini, ia menghimbau kepada warga agar berbelanja bahan pokok jangan berlebihan, dan jangan sampai menyetok pangan.

“Berdasarkan pantauan hari ini pada sejumlah komoditas alami penurunan yaitu, daging ayam ras, telur ayam ras, cabe merah biasa, cabe rawit tiyung, bawang prai, ikan asin sepat, kentang, ikan segar bawal, dan ikan segar peda,”pungkasnya sembari menyampaikan, Insha Allah harga pangan kebutuhan masyarakat ini terjaga sampai pada bulan ramadhan.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : muliadi
Editor : muliadi

Pos terkait