BWS Kalimantan III akan bangun bendungan Riam Kiwa

  • Whatsapp
Waduk Riam Kanan.(ilustrasi/ist)

Banjarbaru, kalselpos.com – Balai Wilayah Sungai (BWS) III Kalimantan memastikan, bendungan Riam Kiwa akan dibangun tahun 2021 ini. Setelah selesai dibangun, bendungan Riam Kiwa dapat mereduksi banjir yang kerap merendam Kabupaten Banjar dan sekitarnya akhir-akhir ini.

Kepala BWS Kalimantan III, Fikri Abdurrachman kepada wartawan Senin (5/4/2021) kemarin menyampaikan,
pengerjaan bendungan Riam Kiwa, dikonsepkan Bappenas merupakan pinjaman lunak dari Tiongkok yang dikerjakan selama empat tahun dari 2021 hingga selesai paling cepat tahun 2025.

Bacaan Lainnya

“Bendungan Riam Kiwa lokasinya di Kecamatan Paramasan Desa Angkipih.  Kini  dalam tahap pembebasan lahan. Kami masih menghadapi permasalahan lahan, pendanaan dan kesiapan.
Luasnya 773 hektare,” terang Fikri.

Sementara Bupati Banjar, Saidi Mansyur mengatakan, adanya proyek bendungan riam kiwa di Kecamatan Paramasan Kabupaten Banjar, dapat menjadi  bendungan tambahan untuk penyerapan air di Kabupaten ini.

Oleh sebab itu, Ia berharap proyek Bendungan Riam Kiwa dapat cepat selesai.

“Kami akan mencari tahu penyebab adanya banjir susulan yang melanda Kabupaten Banjar di bulan ini, apakah dari banjir yang terjadi di Kabupaten lain, ataupun akibat penampungan di bendungan yang tidak maksimal,” ujar Saidi Mansyur.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE