STIE Banjarmasin akan tingkatkan status menjadi IBT

  • Whatsapp
Dr. Yanuar Bahtiar SE MSi, Ketua STIE Indonesia Banjarmasin.(anas aliando)

Banjarmasin,kalselpos.com – Selangkah lagi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indonesia Banjarmasin akan berubah status menjadi Institut Bisnis dan Teknologi (IBT) Indonesia.

“Keinginan dari yayasan sudah 5 tahun yang lalu meminta kepada penyelenggara pendidikan untuk meningkatkan status dari sekolah tinggi menjadi institut. Karena ada kendala internal, baru tahun ini secara resmi kami menyerahkan dokumen perubahan bentuk dari sekolah tinggi menjadi institut. Kebetulan juga pada tangal 1 April ini, STIE Indonesia memasuki usia ke 37 tahun,” ujar Ketua STIE Indonesia Banjarmasin, Dr. Yanuar Bahtiar SE MSi kepada kalselpos.com, Sabtu (3/4/2021) siang.

Bacaan Lainnya

Disampaikannya, Tahun 2013, STIE Indonesia Banjarmasin  masuk 100 besar perguruan tinggi terbaik se Indonesia. Tahun 2020 masuk ranking ke 160 baik PTN maupun PTS. “Dengan prestasi itu, maka saatnya kami mengembangkan sayap,” ucapnya.

Saat ini, ungkap Yanuar, dokumen persyaratan sudah berada di
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) XI Kalimantan  untuk selanjutnya meneruskan rekomendasi ke tingkat pusat. “Prosesnya memakan waktu 5 atau 6 bulan, diharapkan sudah kelar,” harapnya.

Yanuar menambahkan, untuk mewujudkan menjadi institut, ada beberapa syarat yang harus di penuhi diantaranya Sumber Daya Manusia atau dosen. “Juga menambah sekurangnya satu program studi yang berbasis sains dan teknologi, ini setidaknya membutuhkan 5 dosen,” cetusnya.

Saat ini, papar Yanuar, kans yang sangat besar ada pada S2 magister akuntansi. Sedangkan teknologi informasi nanti untuk IBT Indonesia.

“Kalau respons baik, kita menggabungkan antara bisnis dan teknologi dengan prodi baru bisnis digital. Karena kita sekarang serba teknologi, baik belanja dan lainnya. Jadi harapan kita bisa memfasilitasi segala kebutuhan SDM yang berhubungan dengan bisnis dan digital,” ujarnya.

Diungkapkan Yanuar, kedepan, pengembangan kampus terus ditingkatkan. Yayasan sudah menyiapkan lahan  1.000 meter persegi yang lokasinya berada di Kota Banjarmasin.

“Harapan kita, IBT Indonesia menjadi institut yang menghasilkan lulusan  berkualitas untuk pengembangan SDM di Kalsel dan Indonesia.  IBT Indonesia akan menjadi pionir setidaknya ditingkat Kalimantan,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE