Sosialisasi Program Kampung Iklim di Kabupaten Balangan

  • Whatsapp
Sosialisasi Program Kampung Iklim di Ruang Rapat Wisma Manyandar Paringin Kabupaten Balangan, Kamis (1/4/2021).(ist)

Paringin, kalselpos.com – Dalam Rangka Menerapkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan R.I Nomor P.84/MenLHK-Setjen/Kum.1/11/2016: Program Kampung Iklim (Proklim) dalam rangka memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di tingkat tapak,Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar Sosialisasi Program Kampung Iklim di Ruang Rapat Wisma Manyandar Paringin Kabupaten Balangan, Kamis (1/4/2021)

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dihadiri para penggiat Proklim dari beberapa desa yang ada di Kabupaten Balangan ini, turut dihadiri beberapa mitra perusahaan yang turut serta melakukan pembinaan Program Kampung Iklim,diantaranya PT. Adaro Indonesia, PT. Pama Persada Nusantara, PT. BUMA Indonesia, PT. Semesta Centramas (Balangan Coal) dan PT. Laskar Semesta Alam (Balangan Coal).

Acara Sosialisasi Proklim dibuka langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan H. Musa.

Pada kesempatan itu, H Musa menyampaikan, Program Kampung Iklim ini, selaras dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Balangan yang merupakan program pembangunan daerah di pedesaan maupun kelurahan.

Pada tahun 2020 Pemkab Balangan mendapat penghargaan dari Kemendagri sebagai daerah yang memiliki inovasi di bidang Lingkungan Hidup.

“Ada tiga program kegiatan tersebut,yaitu Program Kampung Iklim, Sekolah Adiwiyata dan Inovasi Pengolahan sampah 3R,” jelas H.Musa.

Ditambahkannya,Pada tahun lalu, Desa Bihara Hilir Kecamatan Awayan memperoleh predikat sebagai Desa Kampung Iklim Utama.

“Semua keberhasilan tersebut tidak lepas dari inovasi dan semangat masyarakatnya untuk menjadikan daerahnya sebagai kampung iklim yang asri dan memiliki peningkatan ekonomi,”
Terang H. Musa.

Selaku narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi. Kalsel pada sosialisasi ini, M. Khoirullah memaparkan terkait peran penting dari berbagai pihak dalam pembentukan Kampung Iklim,

“Disini kita sampaikan terkait manfaat terbentuknya Kampung Iklim dan tata cara pendaftaran di SRN (Sistem Registrasi Nasional) serta cara memperoleh apresiasi dari pemerintah daerah kabupaten/kota untuk penghargaan proklim,” sebut Khairulloh

Kabid Tata Lingkungan DLH Kabupaten Balangan, Desy menuturkan,akan memprogramkan 10 desa di Kabupaten Balangan untuk dijadikan Kampung Iklim.

“Pada tahun 2021 ini, Kabupaten Balangan akan mendaftarkan 10 Desa untuk menjadi kampung iklim, yang sebelumnya hanya memiliki 4 Lokasi Proklim saja,” ungkap Desy.

Adapun Sepuluh lokasi tersebut yaitu Desa Murung Ilung, Desa Balida, Kelurahan Paringin Timur, Desa Panggung, Desa Bungin, Desa Bihara, Desa Sungai Batung, Desa Banua Hanyar, Desa Riwa dan Desa Batu Merah.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Aspihan Zain