HSS Masuk Nominasi 10 Besar PPD‎ 2021 ‎

  • Whatsapp
KADIS- ‎Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten HSS, M Arlian Syahrial.(Sofan)‎‎‎

Kandangan, kalselpos.com– Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) masuk nominasi 10 besar program Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ‎(Bappenas) tahun 2021.

“Hasil penilaian tahap II kita masuk nominasi 10 besar yang dikeluarkan oleh Bappenas pada 24 Maret 2021 tadi,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten HSS, M Arlian Syahrial, kepada wartawan, Kamis (1/4).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Arlian, program PPD Bappenas ni yang nilai adalah ‎aspek tentang perencanaan pembangunan daerah, hasil capaian pembangunan daerah dan inovasi yang ada dalam program unggulan daerah, yang ditampilkan melalui siklus perencanaan indikator utama dalam rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten HSS.

Menurutnya, Kabupaten HSS masuk nominasi 10 besar dalam PPD yang paling mendongkrak ada program kepala daerah pembangunan rumah sejahtera (PRS), yang mana dalam program tersebut masuk yang berkaitan dengan pendidikan, kesehatan, jaminan hidup, beras sejahtera, untuk menekan keparahan kemiskinan dan ke dalam kemiskinan.

“Alhamdulillah pada 2020 lalu, meski di masa pandemi Covid-19 tingkat kemiskinan di Kabupaten HSS menurun dan tingkat keparahan juga menurun pada 2021 ini,” ujarnya.

‎Arlian mengatakan pihaknya juga tidak menyangka, program inovasi yang digagas oleh kepala daerah beberapa tahun lalu masuk nominasi program PPD. “Kita tidak menyangka masuk nominasi PPD, karena pada 2020 ada pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ia mengatakan keuntungan Kabupaten HSS masuk nominasi tersebut, karena Pemkab HSS telah memiliki regulasi atau aturan, sehingga dari segi kelembagaan mudah saling berkontribusi dengan program pemerintah pusat, sehingga membuat Bappenas menjadi tertarik dengan program unggulan Kabupaten HSS.

“Jadi kita sangat diuntungkan dengan regulasi yang ada. Dari PPD 19 besar menuju 10 besar se-Indonesia tingkat kabupaten kita masuk nominasi. Dan pada Senin (2/4/2021) kita akan ada wawancara penilaian tahap akhir,” ujarnya.

Sebelumnya, kata Ardian, Pemkab HSS sudah ada kedatangan dari pihak Ombudsman Provinsi Kalsel, guna melakukan verifikasi kebenaran program yang telah dijalankan. “Ombudsman ini adalah tim independen yang tidak bisa dipengaruhi, dan jika ditemukan kekurangan menjadi bahan perbaikan ‎pemerintah setempat,” ujarnya.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor : Wandi