“Diganjar” peringkat Merah, 3 Perusahaan di Kalsel

  • Whatsapp
Hanifah Dwi Nirwana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel.(anas aliando)

Banjarbaru, kalselpos.com – Peringkat merah diberikan kepada tiga perusahaan di Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Nasional (Propenas) Tahun 2019 – 2020.

Propenas menilai 59 dari 200 lebih perusahaan yang ada di Banua. Dalam penilaian, 1 perusahaan mendapatkan nilai emas, 7 hijau, 48 biru dan 3 merah.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengungkapkan, 3 perusahaan yang “diganjar” peringkat merah itu adalah, PT Kalimantan Energi Lestari, PT Welson Lautan Karet dan PT Surya Satria Timur.

“Kenapa 3 perusahaan itu meraih peringkat merah, karena perusahaan tidak melakukan input data pada aplikasi Sistem Pelaporan Elektronik Lingkungan atau Simpel,” ujar Hanifah kepada kalselpos.com, Rabu (31/3/2021).

Disampaikannya, karena perusahaan tidak melakukan input data, maka tidak ada dasar untuk menilai.

Kriteria proper oleh KLHK, papar Hanifah, terbagi menjadi penilaian ketaatan dan penilaian lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan.

“Perusahaan dianggap memenuhi kriteria jika ada dokumen pengelolaan lingkungan baik Amdalnya dan pengelolaan lain yang relevan,” ucapnya.

Hanifah berujar, bagi perusahaan yang menyandang peringkat merah, pihak DLH Kalsel melakukan pembinaan sehingga diharapkan kedepannya perusahaan bisa keluar dari peringkat merah ke peringkat yang lebih baik.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE