Wabup minta Peserta Pelatihan Otomotif mampu Menunjukan Eksistensi di Dunia Perbengkelan ‎

  • Whatsapp
SAMBUTAN- Wakil Bupati Kabupaten HSS Syamsuri Arsyad memberikan sambutan pembukaan pelatihan teknik otomotif roda empat.(Sofan)

Kandangan, kalselpos.com– Dinas Tenaga Kerja Koperasi Kecil Menengah dan Perindustrian Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar pelatihan teknik otomotif kendaraan roda empat bagi warga, di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kandangan, Selasa (30/3 ). ‎Pelatihan teknik otomotif roda empat tersebut, dibuka oleh Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad.‎

Kepala ‎DinasTenaga Kerja Koperasi Kecil Menengah dan Perindustrian Kabupaten HSS Hendro Martono, mengatakan pelatihan digelar untuk mengurangi pengangguran terbuka di Bumi Antaludin. Dikatakan Hendro, pelatihan teknik otomotif roda empat pihaknya bekerjasama dengan SMKN 2 Kandangan. “‎Pelatihan diikuti sebanyak 20 peserta yang dilaksanakan selama 20 hari kedepan,” ujar Hendro.‎

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, setiap tahun di Kabupaten HSS lulusan Sekolah Menengah ‎Atas (SMA) sederajat terus bertambah, dan jika mereka melanjutkan kuliah, membuka usaha atau mendapatkan pekerjaan tidak tercatat sebagai angka pengangguran terbuka.

Tetapi, ketika mereka terhenti tidak kuliah, tidak mendapatkan pekerjaan, maka akan menambah angka pengangguran terbuka di Kabupaten HSS. “Untuk menekan angka pengangguran terbuka tersebut, kita berikan pelatihan teknik otomotif kepada orang-orang yang tidak mendapatkan pekerjaan,” ujarnya.

Menurut Hendro, peserta pelatihan tidak hanya diberikan materi pelatihan dan praktik, tetapi setelah semua selesai mengikuti pelatihan akan dilakukan pendampingan dan magang dibengkel bengkel yang ada di Kabupaten HSS. “Mereka juga diberikan alat alat perbengkelan untuk menunjang mereka membuka usaha bengkel,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten HSS Syamsuri Arsyad, mengatakan peserta yang mengikuti pelatihan sudah terseleksi yang hanya diikuti sebanyak 20 peserta yang menyesuaikan dengan keterbatasan dana daerah.

Wabup berharap ke depan Pemkab HSS bisa memiliki balai pelatihan kerja tersendiri, sehingga generasi muda yang terus tumbuh bisa dikelola untuk mengurangi pengangguran baru. “Jika tidak dikelola dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan akan bertambahnya pengangguran baru. Kita berharap melalui pelatihan dapat mengurangi pengangguran,” ujarnya.‎

Selainitu, wabup berharap peserta yang mengikuti pelatihan bisa ahli dalam otomotif, sehingga bisa bersaing dengan bengkel-bengkel lainnya. “Tunjukan eksistensi yang baik untuk menarik pelanggan,” pesan wabup.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Sofan
Editor: Wandi

Pos terkait