Pemkab Tanah Bumbu hadiri sosialisasi Fungsi RIRU secara Virtual

  • Whatsapp
Andi Aminudin Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembanggunan Pemkab Tanbu saat mengikuti virtual dengan Bank Indonesia.(ist)

Batulicin,kalselpos.com – Bank Indonesia (BI) menggelar sosialisasi peran dan fungsi Regional Investor Relations Unit (RIRU) Provinsi Kalimantan Selatan.

Acara pelaksanaan sosialisasi digelar secara virtual, pada hari Senin (29/03/2021) kemarin.

Bacaan Lainnya

Pemkab Tanah Bumbu mengikuti giat melalui Digital Live Room di Kantor Bupati Tanah Bumbu, yang dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Andi Aminuddin.

Menurut Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Selatan, Amanlison Sembiring, mengatakan bahwa Kalimantan Selatan memerlukan kerjasama yang bersinergi dan kombinasi dari semua stakeholder yang ada.

Kerjasama tersebut dibutuhkan untuk mensinergikan kegiatan antar institusi secara bersama-sama.

Tujuannya untuk membentuk persepsi positif melalui penyampaian informasi yang kredibel mengenai potensi investor dan ruang usaha potensial di Kalimantan Selatan.

Kemudian pada tingkat Nasional, koordinasi dan sinergi tersebut telah dibuktikan melalui kelembagaan RIRU yang melibatkan BI, Menteri Keuangan, OJK, Bapepam dan kementerian terkait.

Dalam rangka mendukung keberadaan RIRU Nasional dibentuk juga Global Investor Relations Unit (GIRU) di Kantor BI di luar negeri serta Investor Relations Unit (IRU) di daerah yang di sosialisasikan bersama-sama.

Melalui keterkaitan IRU, GIRU, dan RIRU selain untuk mendorong investasi pada perkembangannya kelembagaan tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk mendorong kegiatan ekspor dan kegiatan promosi pariwisata.

“Keberadaan forum ini dapat diperkuat dan dikembangkan lebih lanjut dengan pembentukan RIRU di Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Peran RIRU dapat meningkatkan investasi daerah sebagai langkah perkembangan sumber baru perkembangan ekonomi, yang kedepannya akan terbangun sebuah forum koordinasi sekaligus menjadi komitmen bersama bagi kita dalam mendukung pembentukan RIRU Kalimantan Selatan demi kemajuan perekonomian daerah dan nasional.

Sementara itu Pj. Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Aji Santoso, mengucapkan terima kasih pada BI yang telah menfasilitasi dalam melaksanakan Forum Sosialisasi yang selaras dengan semangat akselerasi pembangunan ekonomi Kalimantan Selatan.

Dengan upaya mengembangkan sumber baru dan terbaru pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan iklam investasi, Forum Sosialisasi ini memberikan wawasan baru, ide-ide yang segar serta mengarahkan langkah strategis yang dapat berdampak langsung terhadap percepatan pertumbuhan investor di Kalimantan Selatan.

Kalimantan Selatan merupakan provinsi yang kaya akan sumber daya alam, berdasarkan data dari Kementerian ESDM 2020, Kalimantan Selatan nerupakan provinsi dengan cadangan batubara terbesar ke 4 di Indonesia setelah Sumatera Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat yaitu sebesar 16 500 juta ton. Kondisi ini sangat baik untuk perkembangan perekonomian daerah.

Selain itu Kalimantan Selatan juga menempati urutan ke 17 dari 34 provinsi dalam hal realisasi investasi sebesar 372,9 juta US dollar yang terdapat di 184 proyek.
Angka ini berdasarkan data tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19 melanda daerah ini.

Pemerintah Provinsi Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan terus mendorong investasi, antara lain meningkatkan pelayanan perbankan, iklim investasi, penyediaan lahan dan infrastruktur pendukung termasuk menyusun data base potensi investasi terpadu sebagai wadah investor dalam mengetahui sektor unggulan daerah Kalimantan Selatan.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE