Distan Kotabaru gratiskan penggunaan Alat Pertanian

  • Whatsapp
Kantor Dinas Pertanian Kotabaru

KOTABARU, kalselpos.com – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kotabaru memastikan, menggratiskan penggunaan peralatan pertanian yang dimiliki dinas tersebut.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Distan Kotabaru, Safriani mengatakan kepada kalselpos.com (29/03/2021) bahwa, untuk peminjaman alat pertanian itu, memang melalui prosedur tertentu dan survey tim brigade dinas.

Bacaan Lainnya

“Tim brigade harus melakukan survey, sebab prosedurnya apabila ada proposal peminjaman alat, maka seksi akan turun ke lapangan guna mencek kelayakan lokasi yang akan dipinjami alat,” ujarnya.

Ketentuan itu jelasnya, menghindari kejadian tuduhan pungli dikemudian hari, pihaknya juga berencana akan segera membuat sebuah peraturan daerah (Perda), agar jadi payung hukum resmi dalam ketentuan penggunaan peralatan.

“Kedepannya supaya kami punya dasar hukumnya, kami berusaha buat perda, agar sedikit-sedikit tidak lagi dianggap pungli,” tuturnya.

Sementara, Kepala Seksi Alsin, Hakim menuturkan, jika pada saat ini ada pemanfaatan alat dengan pemberian sejumlah dana, hal itu bukan lah pungli. Melainkan adalah kesepakatan antara si peminjam alat dengan operator alat.

Pihaknya meminjamkan peralatan beserta dengan operatornya untuk mengantisipasi kerusakan alat. “Memang aturan belum ada untuk itu, masih kami rancang aturannya, sehingga sementara ini hanya berdasarkan kesepakatan antara peminjam dengan operator alat,” tuturnya.

Beberapa waktu lalu bebernya, sempat ada pemberitaan mengenai tuduhan pungli itu, pihaknya mengaku sudah bertemu dengan pihak peminjam alat untuk membicarakan permasalahan yang terjadi.

“Intinya peminjam alat, ingin membebankan semua biaya ke pada Dinas kami,” ujar Hakim.

Pihaknyapun memastikan bahwa, tidak ada peralatan yang diturunkan ke lokasi, dan tidak pernah menerima uang ataupun pembayaran apapun dari pihak peminjam alat tersebut.

“Jadi tidak ada alat kami yang diturunkan, dan tidak ada uang atau biaya apapun yang kami terima,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Red : Penulis komentar bertanggung jawab atas akibat hukum yang ditimbulkan

Penulis : Ardiansyah
Editor: Aspihan Zain