PT. Geo Energy Group dan PT. Buma prakarsai pembuatan pakan ternak sapi Non Kolesterol di Desa Bayansari

  • Whatsapp
Kepala Teknik Tambang PT. SDJ, Muchtar Tandiabang (tengah) dan Kades Bayansari Atum (kiri) saat launcing pembuatan pakan ternak sapi.(ist)

Batulicin,kalselpos.com – Pemerintah Desa Bayan Sari, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Kalimantan Selatan (Kalsel) launcing produk pakan ternak sapi sehat atau non kolesterol.

Bacaan Lainnya

Acara digelar di RT 10 desa setempat dihadiri oleh Camat Angsana Ferdi Yosfi L, Kades Bayansari Atum, Muchtar Tandiabang selaku Kepala Teknik Tambang PT. SDJ anak perusahaan Geo Energy Group dan jajarannya dan Imam Utomo External PT. Buma subkon dari Geo Energy group serta puluhan warga setempat.

Disampaikan Kades Bayansari Atum kepada kalselpos.com, Rabu (24/3/21), bahwasanya launcing pembuatan pakan ternak sapi sehat atau non kolesterol ini merupakan bentuk bantuan CSR dari pihak Geo Ebergy group dan PT.Buma kepada desa Bayansari.

“Kami bersama warga Bayansari sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas bantuan dan ilmu terkait dengan cara memproduksi pakan ternak sapi sehat,” ujar Atum.

Saat ini mungkin, bisa dipraktikan dilingkup desa terlebih dahulu, khususnya masyarakat desa Bayansari yang berprofesi sebagai peternak sapi. “Kedepan manaka hasilnya bagus maka bisa kita produksi pakan ternak sapi untuk dipasarkan,” terangnya.

Kemudian Muctar Tandiabang mewakili PT. SDJ mengatakan, bahwasanya CSR ini dalam rangka pemberdayaan masyarakat Bayansari khususnya mereka yang berkecimpung dalam bidang peternakan.

Diharapkan dengan adanya hal tersebut mampu meningkatkan ekonomi masyarakat desa setempat.

Muchtar Tandiabang menjelaskan, untuk tahun-tahun sebelumnya, pihaknya lebih fokus pada CSR yang berbentuk fisik seperti pembangunan jembatan, jalan dan sebagainya.

Sementara itu Budi Utomo selaku External PT. Buma menyampaikan adapun teknis memproduksi pakan ternak sapi sehat non kolesterol untuk komposisinya sebagai berikut:

Pertama bahan dari pelapah (daun) kelapa sawit sebanyak 1 ton yg sudah digiling ditambah katul atau dedak 2 kwintal dan dicampur Molase 10 kg, E4 sebanyak 3 liter, Nasa 3 botol, kapur 0,5 kg, garam 0,5 kg, tepung ikan protein 45% sebanyak 10 kg kemudian di aduk hingga rata.

Setelah tercampur dan diaduk secara rata tahap berikutnya dijemur pagi hari selama 5 jam. dari rangkain proses tersebut maka pakan ternak sapi sehat bisa didistribusikan atau diberikan langsung kepada sapi peliharaan bahkan bisa dipasarkan (dijual).

Dijelaskan nya,

“Untuk sapi dengan umur 2 tahun tiap hari nya membutuhkan pakan tersebut sebanyak 18 kg/hari nya. sapi yang mengkomsumsi pakan ternak sapi sehat tersebut akan menghasilkan daging 1,00,5kg/hari nya. dan hasil dagingnya tidak memiliki kolesterol jahat yang aman dikonsumsi kita semua.

Saya berharap ungkap Budi Utomo, hal ini jangan berhenti dilakukan dan terus dipraktikan kepada para peternak desa Bayansari maka hasil nya akan maksimal pintanya.
terang Budi Utomo

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE

Red : berkomentarlah yang bijak.!!
penulis komentar bertanggung jawab atas akibat hukum yang ditimbulkannya.