Huntara untuk Korban Banjir di Hantakan Sudah Terbangun

Hunian sementara yang dibangun dari hasil para donatur.(ist)

Barabai, kalselpos.com– Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang lalu utamanya di Kecamatan Hantakan sangat banyak menimbulkan kerugian, baik itu moril maupun materiil.

Donatur dan relawan sangat banyak membantu sekali, ada yang bantu sembako, kebutuhan hidup sehari-hari maupun yang mendonasi pembuatan tempat tinggal/rumah.

Bacaan Lainnya

Selain itu juga ada yang memperbaiki itu tempat ibadah, tempat fasilitas umum dan tempat kebutuhan warga MCK (mandi, cuci, kakus) serta fasilitas yang lainnya.

Camat Hantakan Kartadipura mengatakan, saat ini, ada rumah yang bangunannya dari kayu semua dan ada berupa baja alumunium. Bangunan semi permanen berupa rangka baja aluminium (taso) dan dinding kalsiboard serta beratap seng, cukup untuk hunian sementara.

“Adapun ukuran rumah itu rata-rata panjang 4 meter dan lebar 6 meter, atau hunian dengan adanya kamar tidur dan ruang tamu,” katanya, Selasa (23/3/2021).

Bantuan rumah hunian sementara ini beda dengan rumah Huntara yang dibantu dari Pemerintah, seperti, berdampingan / bidak.

” Sedangkan rumah yang dibantu donatur ini tunggal bangunan tersendiri, dengan persyaratan ada lahan dan tanah kepunyaan milik perorangan.
Dimana pendanaannya sepenuhnya diberi dari donatur relawan murni. Seperti Yayasan Barabai muda, Al irsyad Al islamiyah, Al Aqsha, Gusdurian serta yayasan yang lainnya ” imbuhnya.

Kartadipura berharap, warga masyarakat yang ditimpa banjir dan rumahnya hilang dapat kembali punya tempat tinggal dan dapat menjalani hidup seperti dulu dan bahkan dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik dan layak.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: adiyat
Editor : wandi

Red : berkomentarlah yang bijak.!!
penulis komentar bertanggung jawab atas akibat hukum yang ditimbulkannya.

Pos terkait