Peringati Hari Air Sedunia, Pj Gubernur Kalsel ajak masyarakat Menanam Pohon

Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA menanam pohon dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia Tahun 2021.(Anas Aliando)

Banjarmasin, kalselpos.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memperingati Hari Air Sedunia tahun 2021, Senin (22/3).

Peringatan Hari Air Sedunia ditandai  dengan penanaman pohon dan pelepasan bibit ikan di kawasan Embung Kampung Banjar, Kompleks Perkantoran Setdaprov setempat di Banjarbaru.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dilaksanakan Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel, Dr Safrizal ZA MSi didampingi sejumlah pejabat Balai Wilayah Sungai III Kalimantan dan SKPD.

Jumlah pohon yang ditanam di embung sekitar 800 bibit terdiri dari pohon buah-buahan seperti jambu, sawo, mangga, durian dan lain-lain, dilanjutkan pelepasan benih bibit ikan nila dan penandatanganan MoU antara BWSK III dengan IPPU dan GNKPA.

Safrizal mengajak seluruh ASN dan masyarakat untuk melaksanakan penanaman pohon di Kalsel.

Penanaman pohon bertujuan selain sebagai upaya melestarikan lingkungan serta meminimalisir dampak bencana alam seperti banjir.

“Kita perlu serapan air yang baik dengan cara menanam sebanyak-banyaknya pohon di hulu dan hilir di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Penanaman jutaan pohon ini ujarnya, menjadi tantangan bagi seluruh dinas -dinas atau SKPD  yang ada di lingkup Pemprov Kalsel untuk bersinergi dalam menyukseskannnya.

“Nanti kita akan kabari waktu pelaksanaan penanaman pohon serentak ini, targetnya kisaran sebulan dapat dilakukan, termasuk dari kalangan wartawan agar juga bisa ikut menanam pohon, paling tidak sekali seumur hidup pernah menanam pohon demi anak cucu dan kelestarian lingkungan,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel Hanifah Dwi Nirwana menyatakan siap dengan tantangan tersebut dan bisa terlaksana sesuai target yang di inginkan Pj Gubernur.

“Kami siap untuk tantangan itu, namun kita akan segera koordinasi dengan Dishut juga Balai Sungai dan lainnya, untuk menentukan dulu dimana saja lokasi yang akan di tanam,” katanya.

Peringatan Hari Air Sedunia ini dilakukan seluruh balai terkait di semua provinsi dan puncak peringatan berlangsung di di Bendungan Sindangheula Kabupaten Serang Banten yang isi aksi penanaman pohon dan penebaran bibit ikan.

Aksi tanam pohon serentak ini sebagai komitmen Kementerian PUPR melakukan konservasi sumber daya air melalui gerakan penanaman pohon di semua infrastruktur.

Jenis pohon yang akan ditanam ada dua, pohon untuk memperkuat infrastruktur dan pohon produktif, seperti durian, mangga, pete jengkol, alpukat, matoa, jambu dan lainnya.

Peringatan Hari Air Sedunia berawal dari Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Lingkungan dan Pembangunan di Rio de Janeiro, Brasil pada 1992. Saat itu, negara-negara di seluruh dunia telah sepakat mengambil langkah serius untuk menjaga ketersediaan air.

Berbagai perayaan dan rangkaian acara diselenggarakan dalam momen spesial ini.

Melalui acara tersebut, PBB ingin menegaskan kembali bahwa air dan sanitasi adalah kunci untuk pengentasan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, dan kelestarian lingkungan. Tema Hari Air Sedunia 2021adalah valuing water atau menghargai air. Tema ini mengajak orang-orang untuk sadar bahwa nilai air lebih dari sekadar harganya.

Tindakan tepat yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Air Sedunia adalah dengan bersikap bijaksana dalam penggunaan air, antara lain dengan cara mematikan keran jika sudah tidak digunakan, tidak berlebihan menggunakan air saat sedang mencuci, rebus air sesuai dengan kebutuhan, jangan berlebihan, mulai menanam pohon untuk menampung air di dalam tanah, menyiram air secukupnya pada kloset, menyiram air secukupnya pada tanaman, dan sebagainya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Red : berkomentarlah yang bijak.!!
penulis komentar bertanggung jawab atas akibat hukum yang ditimbulkannya.

Pos terkait