Musrenbang Tabalong, Bupati Bicara Terapkan Pajak Daerah secara Progresif

  • Whatsapp
Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar Musrenbang kabupaten di Gedung Informasi Pembangunan membahas tentang Rencana Perubahan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten Tabalong 2019-2024.(ist)

Tanjung, kalselpos.com– Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar Musrenbang kabupaten di Gedung Informasi Pembangunan membahas tentang Rencana Perubahan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten Tabalong 2019-2024.


Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengatakan Musrenbang agar bisa lebih mengefektifkan RPJMD.

Bacaan Lainnya

“Kita haru sepakat bahwa kemampuan kita untuk membangun ini sangat terbatas, dibatasi dengan kemampuan keuangan daerah terlebih lebih ditengah pandemi Covid-19,” ucapnya Senin (22/3).

Bupati akan merembukkan dengan pimpinan DPRD terkait dana bagi hasil pajak.”Kalau bisa tahun ini kita harus menyepakati, ada peluang dana bagi hasil pajak, kalau bisa mengambil 10 hingga 15 miliar itu lumayan apalagi lebih dari itu” ujarnya.

Hal ini juga akan Ia kordinasikan dengan pihak BPPRD Tabalong.”Sudah saatnya menerapkan pajak daerah secara progresif, misal PJU untuk perusahaan besar tidak sama dengan masyarakat, dan ini harus diterapkan karena lumayan untuk peningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)” bebernya.

Pemerintah daerah bersama instansi terkait juga harus lebih aktif lagi untuk meningkatkan PAD, tanpa harus merubah peraturan daerah.

“Kita harus memikirkan PAD agar terus menerus meningkat, ini pun perlu dukungan serta kerjasama dari semua pihak” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Tabalong, H. M Noor Rifani menerangkan RPJMD ini untuk mengakomodasi kepentingan masyarakat.
“Sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan perencanaan daerah yang lebih aspiratif dan transparan, serta dapat pula dipertanggungjawabkan atau akuntabel” terangnya.

RPJMD ini juga merupakan dokumen perencanaan pembangunan lima tahunan yang merupakan penjabaran dari visi dan misi Bupati Tabalong Tahun 2019-2024 serta Rencana PembangunanJangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Tabalong Tahun 2005-2025.

“Tujuannya melakukan sinkronisasi kebijakan prioritas daerah jangka menengah dengan perspektif kebijakan dan arah pembangunan nasional serta
mendapatan substansi penyempurnaan kebijakan, strategi dan program prioritas” pungkas H. Fani.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis:ali
Editor:wandi

Red : berkomentarlah yang bijak.!!
penulis komentar bertanggung jawab atas akibat hukum yang ditimbulkannya.