Tempat Kerja diminta harus miliki P3K

  • Whatsapp
Simulasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) yang dilangsungkan di Ballroom Hotel Grand Surya Kotabaru.

Kotabaru, kalselpos.com – Asisten II Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotabaru Bidang Perekonomian dan Pembangunan H Akhmad Rivai membuka secara resmi kegiatan Simulasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) yang dilangsungkan di Ballroom Hotel Grand Surya Kotabaru, Rabu (17/3).


Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dokter dari Rumah Sakit Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru sebagai nara sumber serta Satuan Pengamanan (Satpam).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutan Plh Bupati yang disampaikan oleh Asisten II Sekda Perekonomian dan Pembangunan H Akhmad Rivai mengatakan, kecelakaan kerja memang bukan sesuatu yang diinginkan siapa pun dan setiap proses pekerjaan di tempat kerja beresiko yang mengakibatkan kecelakaan kerja dari mulai yang ringan sampai yang berat di sebabkan karena kondisi maupun kelalaian.

Lebih lanjut dijelaskannya pula bahwa, terjadinya kecelakaan kerja akan menjadi suatu bentuk kerugian baik bagi korban maupun pemerintah daerah maka dari itu kegiatan simulasi ini akan memberikan pengetahuan, pengertian, pemahaman dan keterampilan mengenai Pelaksanaan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) untuk Para Satpam di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kotabaru maka dari itu kehadiran P3K di tempat kerja akan memiliki banyak manfaat dalan mencegah tingkat keparahan cedera, mengurangi penderitaan bahkan dapat menyelamatkan para korban.

“Untuk itu setiap tempat kerja harus memiliki petugas P3K khususnya dalam hal Satuan Pengamanan (Satpam) yang selalu siap dan mampu melakukan pertolongan pertama ketika terjadi kecelakaan kerja maupun kegawatan medik,” sebut Asisten II sekda.

“Saya juga mengharpakan peran dari seluruh SKPD untuk dapat menciptakan iklim kerja yang aman dan nyaman bagi seluruh ASN maupun masyarakat sehingga pelayanan pada masyarakat dapat berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Ditempat yang sama Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat dari Dinas Kesehatan Kotabaru Mansyah juga mengatakan, kegiatan ini merupakan kali pertama yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru yang berorientasikan ke lingkup SKPD.

“kegiatan simulasi ini sangatlah penting dilaksanakan khususnya bagi Satuan Pengamanan (satpam) agar mengetahui tata cara memberikan pertolongan pertama apabila terjadi kecelakan di tempat kerja,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliana
Editor : Aspihan Zain

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya