Gugatan Hasil Pilkada Kotabaru ditolak MK

  • Whatsapp
Sidang pengucapan putusan dan ketetapan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

BANJARMASIN, kalselpos.com – Perkara 43/PHP.BUP-XIX/2021 tentang Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati Kotabaru Tahun 2020, yang disampaikan pasangan calon nomor urut 2 Burhanudin dan Bahrudin (2BHD) melalui kuasa hukum kepada M Hafidz Halim dkk, diputuskan ditolak oleh Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (18/3) yang dibacakan dalam sidang pengucapan putusan dan ketetapan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).
Sengketa PHPU Kotabaru tersebut, sejumlah permasalahan hukum yang dipersoalkan pemohon, diantaranya adanya politisasi birokrasi dan penyalahgunaan wewenang uang dilakukan pihak terkait.
Sebagai termohon, KPU Kotabaru yang memberikan kuasa hukum Hifdzil Alim dkk dari Hicon Law & Policy Strategic.
“Adanya pembagian uang oleh pihak terkait di beberapa tempat, adanya manipulasi data suara yang dilakukan oleh termohon, dan keterlambatan termohon menyampaikan formulir C hasil salinan KWK kepada saksi,” ujar hakim MK Wahiduddin Adams.
Persoalan yang diajukan oleh pemohon itu dinilai tidak terbukti, diantaranya dugaan ketidaknetralan ASN, dan Money Politic. Dugaan kecurangan yang diajukan oleh pemohon, yang diduga dilakukan paslon Sayed Ja’far – Andi Rudi Latif, juga telah diputuskan Bawaslu Kotabaru.
“Proses yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Kotabaru sudah tepat dan permasalahan yang didalilkan oleh pemohon telah selesai, ditindaklanjuti oleh Bawaslu Kotabaru,” yakin Wahiduddin.
Oleh karena itu, MK memutuskan untuk menolak seluruh permohonan pemohon dalam hal ini paslon 2BHD. “Menolak eksepsi termohon berkenaan dengan kewenangan mahkamah serta eksepsi termohon dan pihak terkait dengan permohonan pemohon tidak jelas, dalam pokok permohonan, (MK) menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” pungkas ketua hakim MK Anwar Usman.

lselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Bacaan Lainnya

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Kalselpos.com

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya