Raperda Penetapan Desa Jadi Perda ‎

  • Whatsapp
TEKEN- Wakil Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry menandatangani berita acara penetapan perda.(Kominfo)‎

Kandangan, kalselpos.com– Fraksi-fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sepakati penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penetapan Desa menjadi Peraturan Daerah (Perda), Senin (15/3) dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD HSS, Rodi Maulidi.

Juru Bicara (Jubir) Fraksi Partai Golkar, Mukhlis Ridhani, mengatakan pihaknya menyambut baik penetapan Raperda menjadi Perda, untuk kepentingan administrasi karena masing-masing desa kini memiliki kode masing-masing.

Sementara Jubir Fraksi PKS, Jubir Syamsuddin, mengatakan menyambut baik dan menerima sepenuhnya Perda Penetapan Desa. “Semoga perda yang ditetapkan dapat bermanfaat bagi Pemerintah Desa,” ujarnya.
‎‎
‎Wakil Bupati Kabupaten HSS, Syamsuri Arsyad, mengucapkan terimakasih atas persetujuan yang telah disepakati oleh seluruh Fraksi DPRD HSS atas penetapan raperda ini menjadi perda. “Semoga perda yang telah ditetapkan bisa dijadikan pedoman dan landasan hukum yang kuat, untuk menciptakan pelayanan pemerintahan yang baik dari pemerintah daerah sampai ke jajaran desa menjadi semakin baik” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten HSS, Susilo Adianto, menjelaskan Perda tentang penetapan desa menjadi induk dalam dasar hukum untuk melakukan penataan desa di Kabupaten HSS.

Saat ini, desa-desa di Kabupaten HSS ternyata belum ada status pendiriannya, sehingga menjadi sulit untuk melacak, penyusunan anggaran, alamat website maupun hal lainnya.

Bacaan Lainnya

Sementara dalam perundang-undangan, desa yang belum ditetapkan harus dibentuk dan ditetapkan melalui Perda. “Jadi ‎Perda ini sebagai awalan bagi kita untuk bisa menata desa sesuai format yang diinstruksikan Kemendagri,” ujarnya.‎
‎‎

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor : Wandi

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya