Kapolda cek Hotspot Karhutla lewat Command Center 

  • Whatsapp
Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo melakukan pemantauan hotspot karhutla di Command Center Ditreskrimsus Polda setempat.(ist)

Palangka Raya, kalselpos.com – Memasuki musim kemarau, Kapolda
Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo melakukan pemantauan hotspot di beberapa wilayah rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Bacaan Lainnya

Pemantauan berlangsung di Command Center Ditreskrimsus Polda Kalteng, bersama jajaran Korem 102 Panju Panjung, Pemerintah Provinsi Kalteng, dan Manggala Agni serta dari Telkom, Senin (15/3/3021) pagi.

Pengecekan hotspot dilakukan menggunakan sarana satelit yang dapat memantau langsung titik panas yang ada di beberapa wilayah.

Pemantauan dilakukan selepas pelaksanaan video conference karhutla bersama Asops Kapolri Irjen Drs. Imam Soegianto M.Si. bersama Polda jajaran.

Kapolda Irjen Pol Dedi Prasetyo melalui Kabid Humas Kombes Pol Kismanto Eko Saputro, mengatakan dalam pemantauan melalui satelit tersebut belum ditemukan adanya titik panas di wilayah Kalimantan Tengah. Hal ini disebabkan masih adanya curah hujan di beberapa wilayah.

Dalam pertemuan itu juga dibahas mengenai persiapan seluruh stakeholder dalam mengantisipasi dan menanggulangi karhutla.

“Operator di dalam command center secara berkala memantau hotspot melalui satelit. Nantinya akan segera dilaporkan ke pimpinan untuk penanggulangan secara cepat dan terukur,” katanya.

Selain mengantisipasi dalam bidang teknologi, Polda Kalteng dalam komitmennya menanggulangi dan mencegah karhutla turut mempersiapkan personel, sarana dan prasarana serta membangun posko karhutla di setiap daerah.

Setidaknya ada 140 posko karhutla yang dibangun Polda Kalteng dan tersebar di 14 kabupaten dan kota.

“Polda Kalteng terus bersiap diri mencegah dan menanggulangi karhutla. Diantaranya dengan menyebarkan maklumat Kapolda Kalteng tentang sanksi pidana bagi masyarakat maupun korporasi yang membakar lahan,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Ruslsn AG
Editor: Bambang CE

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya