Damkar Banjarmasin resmikan BPK Jaga Baya

  • Whatsapp
Peresmian Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Jaga Baya Jalan kuin Utara, Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Minggu (14/03/21) Malam.

BANJARMASIN, kalselpos.com – Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Banjarmasin resmikan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Jaga Baya Jalan kuin Utara, Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Minggu (14/03/21) Malam.

Peresmian tersebut yang dilaksanakan di salah satu Pendopo Mesjid bersejarah Sultan Suriansyah, dengan prosesi potong Nasi Tumpeng.

Bacaan Lainnya

Ketua BPK Jaga Baya, Ateng meungkapkan rasa syukur atas kembali dibangunnya persatuan BPK tersebut. Sebelumnya BPK Jaga Baya ini bernama Mesjid Bersejarah Sultan Suriansyah (MBSS) yang sempat tidak aktif selama tiga tahun.

“Alhamdulillah tahun 2021 ini kita kembali bangun dan sedikit berbeda dengan Sebelumnya,” ujar Ateng.

Terbentuknya BPK Jaga Baya itu atas gagasan dari 32 anggotanya, lalu ganti nama mengambil nama sungai yang ada didepan Mesjid Sultan Suriansyah yaitu Jaga Baya.

“Jaga Baya ini adalah semacam pangeran yang menjaga Buaya, disitu lah kami ambil simbolnya ya seperti kami juga menjaga kebakaran yang ada di Kota Banjarmasin khusus kampung Kuin,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasi pemilihan dan Swakarsa Damkar kota Banjarmasin, Misranuddin mengatakan, mendukung dengan dibentuknya BPK Jaga Baya tersebut dan bisa mengurangi kemacetan saat penanganan musibah.

“Kenapa jadi mengurangi kemacetan, karena makin banyak BPK daerah itu maka orang daerah luar akan mundur. Kita sangat merespon positif adanya BPK Baru seperti Jaga Baya ini,” katanya.

Ia menjelaskan, dengan banyaknya perkembangan BPK di kota Banjarmasin, sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri maka BPK mau pun PMK akan di ganti menjadi Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar).

“Sesuai aturan itu maka Damkar Banjarmasin harus mengikuti seperti BPK dan PMK di Banjarmasin harus mengikutinya dan seragam pun harus sama semuanya se Indonesia,” terangnya.

Misranuddin juga menambahkan, dari lima kecamatan di Kota Banjarmasin Damkar akan membentuk posko barang per kecamatan.

“Dari lima posko ini tentunya kita mengawasi BPK, seperti bila melanggar wilayah maka Damkar Banjarmasin beri sanksi peringatan, arahan dan pencabutan dari barisan Damkar Pemko,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Aspihan Zain

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya