Musrenbang RKPD Tahun 2022 Tanbu, Percepat Pemulihan Ekonomi dan Pembangunan

  • Whatsapp
Pj Sekda Tanbu, Ambo Sakka berikan sambutan pada Musrenbang RKPD Tahun 2022 di Aula Kecamatan Simpang Empat.(ist)

Batulicin, kalselpos.com – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Kalimantan Selatan, Zairullah Azhar yang diwakili oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda), Ambo Sakka, secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022.

Agenda yang digelar di Aula Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanbu, Senin, (08/03) tersebut membawa tema: “Memantapkan Sumber Daya Manusia Yang Produktif dan Berahlak Mulia Untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Pembangunan”

Bacaan Lainnya

Musrenbang ini bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di Kabupaten.

Selain itu, menyepakati dan mengelompokan kegiatan prioritas pembangunan desa yang berada di wilayah Kecamatan berdasarkan tugas pokok dan dan fungsi SKPD di kabupaten.

Musrenbang merupakan sarana menentukan prioritas kebijakan pembangunan daerah serta berfungsi sebagai bentuk komunikasi dalam mencapai kesepakatan bersama mengenai kegiatan pembangunan pada tahun 2022.

Ambo Sakka mengatakan, Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan merupakan suatu rangkaian kegiatan penting dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten Tanbu tahun 2022, secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan kebutuhan masyarakat.

Dan tentu sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi, guna mengoptimalkan hasil pembangunan di wilayah masing-masing.

“Musrenbang kecamatan merupakan salah satu rangkaian dalam rangka penyusunan RKPD di tahun 2022, yang diperlukan masukan dan usulan kegiatan dari masyarakat,” katanya.

Ia meminta kecamatan agar singkron dengan kabupaten agar tidak terjadinya miskomunikasi. Dimana Periode Bupati cukup singkat.

“Periode bupati sekarang anggaran efektif itu dari 2021-2024, kita fokus ke program yang kita susun untuk tahun 2022, harus singkron dari desa, kecamatan dengan kabupaten,” ungkapnya.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Simpang Empat, Supiani dalam sambutanya menyampaikan bahwa pihaknya fokus ke perekonomian masyarakat.

“Kami berharap dukungan sepenuhnya kepada Pemerintah Daerah, DPRD, dan SKPD. Harapanya pada Musrenbang, hal yang belum bisa dilakukan sebelumnya, bisa di usulkan pada Musrenbang ini,” ucapnya.

Sementara itu, disampaikan oleh Ketua DPRD Tanbu, Supiansyah, pihaknya meminta kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) supaya dalam perencanaan anggaran dapat tertata.

Menurutnya pada disetiap reses banyak warga menanyakan hasil Musrenbang tahun sebelumnya yang belum terealisasikan.

“Perda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah itu harus terencana agar selaras dengan visi misi bupati, paling lambat Agustus kita sahkan,” terangnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya