Pemekaran Kecamatan di Tanbu diharapkan dapat meningkatkan pemerataan Pembangunan

  • Whatsapp
Kantor Camat Kusan Tengah di Desa Saring Sei Bubu.(kristiawan)

Batulicin,kalselpos.com – Selain mendekatkan kantor pemerintah kecamatan, tujuan dari pemekaran kecamatan adalah untuk lebih mempermudah pelayanan administrasi kepada masyarakat secara cepat, efektif, dan efisien serta meningkatkan pemerataan pembangunan.

Selain itu tidak ada perbedaan dalam pemberian pelayanan terhadap masyarakat terutama masyarakat yang berada jauh dari kecamatan.

Bacaan Lainnya

Sebagai misal pemekaran Kecamatan Kusan Tengah dan Kecamatan Teluk Kepayang. Kedua kecamatan ini hasil pemekaran Kecamatan Kusan Hilir dan Kecamatan Kusan Hulu.

Ibu kota Kecamatan Kusan Tengah berada di Desa Saring Sei Bubu hasil pemekaran Kecamatan Hilir. Sedangkan Ibu kota Kecamatan Kepayang berkantor di Desa Teluk Kepayang hasil pemekaran Kecamatan Kusan Hulu.

“Dengan adanya pemekaran tersebut diharapkan bisa mempermudah pelayanan administrasi dan meningkatkan pemerataan pembangunan pedesaan yang notabene terisolir,” terang Kabag Tata Pemerintahan Pemkab Tanbu, Kadri Mandar kepada kalselpos.com, Kamis (4/3/21) siang.

Ia pun menyampaikan rasa syukurnya bahwa kedua kecamatan pemekaran tersebut sudah memiliki kode wilayah dan sudah ada penunjukan Plt Camat di masing-masing kecamatan pemekaran.

“Pada hari ini tanggal 4 Maret 2021 sudah masuk proses persetujuan DPRD Tanbu terkait pemekaran dua kecamatan tersebut,” kata Kadri.

Terpisah, Kepala Desa Saring Sei Bubu selaku tuan rumah ibu kota Kecamatan Kusan Tengah menyampaikan terimakasih kepada semua pihak atas keberhasilan adminitrasi pemekaran Kecamtan Kusan Tengah.

“Mudah-mudahan dengan adanya pemekaran kecamatan ini akan mempermudah pelayanan adminitrasi dan pemerataan pembangunan pedesaan yang jauh dari jangkauan kota,” tuturnya.

Sebab, menurutnya, masyarakat Saring Sei Bubu dan sekitarnya mayoritas petani, berkebun, pekerja, pedagang dan karyawan di perkebunan swasta.

Jalan utama di Kecamatan Kusan Tengah.(kristiawa)

Tentunya mereka membutuhkan sarana dan prasarana khususnya infrastruktur jalan dan irigasi.

“Kami pun berharap, agar pemerintah daerah bisa lebih cepat untuk membangun kantor Kecamatan dan sarana kesehatan (Puskesmas) dalam rangka menunjang syarat adminitrasi tingkat kecamatan,” tukasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya