Mobdin Dewan “lama” bisa jadi temuan BPK

  • Whatsapp
Sejumlah mobil sedan dengan usia pakai lebih lima tahun dan standar mesin melebihi ketentuan, diparkir di halaman Balaikota Banjarmasin

Banjarmasin,kalselpos.com – Kepala Bagian Umum Setdako Banjarmasin, Irwan Mirza menegaskan alasan pengembalian sejumlah mobil dinas (mobdin) unsur pimpinan DPRD baanjarmasin, karena kekhawatiran adanya pelanggaran ketentuan yang bisa menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Mobdin itu juga seperti mobil jabatan walikota dan wakil walikota yang sudah dikembalikan dan diparkir di Balaikota,” ujar Irwan Mirza.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, mobdin sedan merek toyota yang digunakan selama ini, ternyata tidak sesuai aturan seperti yang dituangkan pada Peraturan Presiden nomer 33 tahun 2020. Dimana telah diatur standar harga hingga kapasitas mesin dalam CC.

“Sebagai informasi fasilitas mobil jabatan untuk ketua dewan itu paling tinggi 2500 CC, kemudian wakil dewan CC nya 2200,” ungkapnya.

Setelah ditelaah, empat mobdin itu semuanya bermesin dengan CC 2500. Jadi hanya milik ketua dewan yang sesuai dengan standar, sedangkan tiga lainnya yang digunakan wakil ketua dewan, tidak sesuai dengan Perpres tersebut.

“Jumlah CC mesinnya yang ketinggian dan ini ditakutkan bisa jadi temuan, maka dari itu ambil aman saja, ya dikembalikan saja,” ucapnya.

Kemudian terangnya, terkait pengadaan mobdin baru, sudah memenuhi administrasi yakni usianya lebih dari lima tahun. Mobdin ini dianggarkan 2020. Kemudian ini juga menunggu Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) untuk mengeluarkan daftar terbaru.

“Soal mobdin sudah dianggarkan, tapi kami masih menunggu LKPP,” bebernya.

Anggaran mobdin ini juga tak hanya untuk dewan kota, namun juga mobil jabatan walikota dan wakil walikota. “Jadi semua mobdin yang dianggarkan ada enam unit, dengan pagu Rp3 miliar,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Aspihan Zain

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya