Plh Bupati Kotabaru bersama Forkopimda ikuti Vikon Rakornas Penanggulangan Bencana

  • Whatsapp
Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana tahun 2021 melalui video konferensi (vikon), di Operation Room Sekda, Rabu (3/3).

Kotabaru, kalselpos.com – Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kotabaru Drs H Said Akhmad MM menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana tahun 2021 melalui video konferensi (vikon) yang berlangsung di Operation Room Sekda, Rabu (3/3).


Acara tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Kotabaru, Kapolres, Dandim 1004/Ktb, Danlanal, Kajari serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bacaan Lainnya

Rakornas tahun ini mengangkat tema “Tangguh Menghadapi Bencana” dan dibuka langsung oleh Presiden RI Ir. Joko widodo.

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan, saat ini negara di beri pelajaran yang sangat luar biasa, bukan hanya bencana alam tapi juga bencana non alam yaitu pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh pelosok negeri serta dalam menangani dan menghadapi bencana kemanusian yang tidak ada perbandingannya dalam sejarah ini begitu juga dari segi kesehatan dan sisi ekonomi tentunya juga harus diselesaikan dalam waktu yang bersamaan.

“Bukan hanya skala Nasional maupun daerah tetapi ini mencakup skala global yang mana 215 negara lebih mengalami hal yang sama yang mengharuskan kita bekerja cepat, inovatif, dan berkolaborasi dengan semua pihak,” ucap Presiden Joko Widodo.

Indonesia merupakan negara yang rawan bencana dan masuk 35 negara rawan bencana di dunia untuk itu kunci utama dalam mengurangi resiko terletak pada aspek pencegahan dan mitigasi bencana.

“Saya selalu menyampaikan berulang-ulang pencegahan- pencegahan, jangan terlambat dan jangan terlambat,” terangnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo juga menyampaikan bahwa, setahun terakhir ini BNPB mencatat jumlah bencana yang terjadi di Indonesia sebanyak 3253 bencana, rata tiap hari 9 bencana.

Lebih jauh diungkapkannya, pada Rakornas tahun lalu di Sentul, Presiden menginstruksikan kepada seluruh instansi pemerintah TNI dan Polri serta Pemerintah Daerah harus bersinergi untuk melakukan upaya pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan termasuk didalamnya perencanaan pembangunan yang berlandaskan pengurangan resiko bencana, memperkuat sistem peringatan dini, menyusun rencana kontijensi dan edukasi serta pelatihan kebencanaan.

Untuk diketahui dalam Rakornas ini diikuti oleh para Menteri, Kepala Lembaga, Gubernur dan Bupati/ walikota se-indonesia serta diagendakan dan dilaksanakan kembali pada minggu depan.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliana
Editor : Aspihan Zain

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya