Gali bantuan KKP, jadikan ikan Gabus komoditas unggulan tahun 2022

  • Whatsapp
Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel, M. Syaripuddin.(ist)

Banjarmasin,kalselpos.com– Seiring tingginya minat dan konsumsi ikan tawar, terutama ikan gabus (haruan) membuat prospek budidaya ikan sungai ini berpotensi besar dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan, terlebih nilai jualnya sangat tinggi bahkan bisa melebihi harga ikan tawar lainnya.

Selain itu dari segi kesehatan kandungan serat, protein hewani sangat baik dikonsumsi kalau secara spesifik 100 gram ikan gabus mengandung 69 kalori, 25,2 gram protein, 1,7 gram lemak, 0,9 miligram zat besi, 62 miligram kalsium, 76 miligram fosfor, 150 miligram vitamin A, 0,04 miligram vitamin B dan 69 miligram air.

Bacaan Lainnya

“Di Kalimantan Selatan tingkat konsumsi ikan gabus sangatlah tinggi, ikan tawar ini salah satu penyebab terjadinya inflasi,” ujar Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel, M. Syaripuddin Kepada kalselpos.com, Selasa (02/03) ketika berkunjung ke Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) bersama Dinas Kelautan Perikanan Kalsel.

Hasil pertemuan tersebut mendapat respon baik dari KKP apalagi kedatangan mereka dilengkapi dengan data terkait dampak banjir terhadap budidaya ikan gabus. Direncanakan jika proposal permohonan dapat masuk secepatnya maka diusahakan mendapat bantuan benih dan pakan ikan gabus serta bisa dijadikan sebagai komoditas unggulan penghasil ikan gabus di Indonesia pada tahun 2022.

“Karena memang ikan gabus ini jenis ikan endemik Kalsel dan sangat disukai masyarakat meski harganya mahal,” terangnya.

Pria yang karib disapa Bang Dhin ini juga menjelaskan, melihat dari potensi bisnis yang sangat menjanjikan sehingga penting agar dikomunikasikan dan koordinasikan secara khusus antara pemerintah kabupaten dengan provinsi dalam menggali bantuan ke tingkat pusat dalam hal ini KKP

“Jika semua itu dilakukan dengan baik maka menghasilkan yang terbaik pula. Saya siap memfasilitasi dinas ke kementerian untuk bersama-sama mencari anggaran pusat yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat Kalsel,” ucapnya.

Dia meyakini bantuan dari KKP ini bisa dimanfaatkan kabupaten/kota yang dipilih oleh provinsi serta akan dikelola oleh Balai Perikanan Budidaya Ikan Tawar Mandiangin.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Sidik
Editor: Bambang CE

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya

Pos terkait