Kapal berkapasitas di bawah 5 gross ton tak perlu Akta Notaris

  • Whatsapp
Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel, M. Syaripuddin.(ist)

Banjarmasin,kalselpos.com – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) M. Syaripuddin SE MAP dalam resesnya, baru-baru ini bersama
kunjungan kerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel ke Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gedung Mina Bahari II Jakarta menyampaikan aspirasi para nelayan.

Dalam paparannya Syaripuddin menyampaikan adanya kesulitan-kesulitan yang sering kali dihadapi para nelayan, diantaranya alur penerbitan perizinan kapal yang dianggap nelayan sangat sulit dikarenakan jarak yang sangat jauh antara kabupaten ke ibu kota provinsi.

Bacaan Lainnya

“Nelayan menghendaki Kabupaten dapat menerbitkan perizinan, sehingga tidak perlu melakukan perjalanan jauh ke provinsi” ujar Syaripuddin Kepada kalselpos.com, Selasa (2/3)

Selain itu untuk dana hibah yang diberikan pemerintah pusat ke nelayan harus dengan akta notaris, sehingga menyusahkan nelayan-nelayan kecil, artinya mengurus biaya melengkapi persyaratan tersebut cukup besar, sementara bantuannya sendiri tidak pasti berapa nominal yang bisa dicairkan kepada para nelayan.

“Ya, kami hanya ingin persyaratan administrasi ini dipermudah,” harap pria yang akrab disapa Bang Dhin ini

Sementara itu Perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Ir. Yuliadi MM mengungkapkan untuk masalah penerbitan perizinan nelayan harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan guna memudahkan pengawasan dalam pemanfaatan uang negara.

“Sementara untuk permasalahan dana hibah dari pemerintah pusat, untuk kapal-kapal dengan kapasitas di bawah 5 gross ton tidak memerlukan akta notaris,” sebutnya.

Kemudian Syaripuddin meapresiasi kalau Kalsel mendapat bantuan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ini dan juga beberapa bantuan lainnya di tahun 2021.

Diharapkannya, segala bentuk bantuan Pemeritah pusat ini bisa membangkitkan sektor perekonomian rakyat yang sempat terhambat akibat pandemi Covid 19.

“Kedepan kita berharap ada bantuan kapal dan bantuan lainya, oleh karena itu sinergi harus terus dilakukan sehingga bantuan ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Kalsel,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Sidik
Editor: Bambang CE

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya