Dishub Banjarmasin beri Marka Warna Merah untuk Roda Dua

Marka merah dikenal dengan RHK (Ruang Henti Kendaraan) yang diperuntukkan hanya kendaraan roda 2 (sepeda motor dan sepeda).

Banjarmasin,kalselpos.com – Jalan Simpang empat lambung Mangkurat tampak sedikit berbeda dengan adanya marka jalan berwarna merah yang diperuntukkan bagi pengendara roda dua.

Kepala Bidang Lalulintas Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Slamet Begjo menerangkan, Marka Merah tersebut adalah tanda lalulintas yang ada di permukaan jalan atau di atas permukaan jalan yang memiliki bentuk berbagai macam bentuk garis, yang fungsinya adalah untuk mengarahkan arah lalu lintas dan menjadi pembatas dari kepentingan lalulintas.

Bacaan Lainnya

“Marka jalan memiliki bentuk garis lurus menyambung, garis putus-putus, dan juga garis berliku yang masing-masing memiliki maknanya sendiri-sendiri,” ujar Slamet Begjo, Rabu (03/03/21) Kepada wartawan.

Ia menjelaskan, marka merah tersebut tidak hanya di perempatan jalan Lambung Mangkurat tetapi di Jalan Achmad Yani kilometer 6 juga bertanda merah untuk roda dua.

“Elemen lain yang mesti diperhatikan pengemudi kendaraan adalah warna dari marka jalan yang tersedia. Baik garis maupun warna harus dipatuhi oleh setiap pengguna jalan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, marka merah tersebut dikenal dengan RHK (Ruang Henti Kendaraan)
yang diperuntukkan hanya kendaraan roda 2 (sepeda motor dan sepeda),

“Untuk kendaraan roda 3, 4 atau lebih posisinya berada di belakang marka merah (RHK) sehingga ketika lampu traffic light menunjukkan warna hijau, maka pengguna jalan kendaraan roda 2 berjalan lebih dulu dan diikuti roda 3, 4 sehingga lebih aman,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Aspihan Zain

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya

Pos terkait