Tim Saber Pungli Kotabaru gelar Rakor dan Sosialisasi

  • Whatsapp
Rapat koordinasi Tim Saber Pungli bersama SKPD, di Operation room Pemkab Kotabaru.

KOTABARU,kalselpos.com – Tim Satuan tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber pungli) kabupaten Kotabaru mengadakan rapat koordinasi, pada selasa (2/03)

Bacaan Lainnya

Rapat diikuti oleh Asisten Adm. Umum Setda Kotabaru, Kepala Inspektorat Kotabaru, perwakilan polres, kodim dan Kejari Kotabaru.

Dijelaskan Kepala Inspektorat kabupaten Kotabaru sekaligus Wakil ketua 1 tim Saber pungli Kotabaru, Akhmad Fitriady kepada wartawan usai memandu rapat koordinasi tersebut bahwa, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2016, tim Saber pungli memang memiliki beberapa fungsi, diantaranya fungsi pencegahan, fungsi penindakan serta yustisi.

Pada tahun ini, katanya, untuk 2 bulan pertama tim saber pungli lebih banyak melakukan fungsi pencegahan melalui sosialisasi yang rutin setiap hari dilaksanakan bersama bhabinkamtibmas di polsek-polsek kepada masyarakat.

“ Bagaimana memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat termasuk juga kepada si pemberi pelayanan publik untuk tidak melakukan perbuatan pungli,” katanya.

Ditambahkannya, pada februari ini, Polres Kotabaru telah melakukan penindakan tangkap tangan terhadap pungutan liar parkir.

Disamping itu, berdasarkan rapat yang digelar, pihaknya telah bersepakat bahwa, terhadap operasi penindakan yang yang telah dilakukan, maka tim saber pungli akan melakukan pembinaan lebih lanjut kepada SKPD pembinanya.

“ Misal seperi lahan parkir, dinas pembinanya ada di Dinas Perhubungan, di obyek wisata ada di Dinas Pariwisata, kalau di pasar ada Dinas perdagangan, dari hasil temuan tim saber pungli maka akan dikordinasikan dengan SKPD pembina tersebut agar sistemnya terbangun dengan bagus, “ ujar Fitri mengakhiri.

Rapat yang digelar di Operation room Pemkab Kotabaru itu dibuka oleh Asisten Adm. Umum Setda Kotabaru, Murdianto. Dikesempatan itu, Murdianto membacakan sambutan Plh. Bupati Kotabaru.
“Tim saber pungli ini merupakan kekuatan yang sangat besar dalam memberantas praktek pungutan liar yang terjadi di sektor-sektor pelayanan publik, perizinan, pengadaan barang dan jasa, serta kegiatan pungutan liar lainnya yang meresahkan masyarakat,” katanya Murdianto.

Murdianto juga menyampaikan, selama ini tim saber pungli telah bekerja secara masif, dengan melakukan kegiatan pencegahan melalui berbagai sosialisasi penyuluhan, menciptakan wadah laporan bagi masyarakat serta melakukan kegiatan penindakan sebagai shock terapi bagi para pelaku pungli.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ardiansyah
Editor : Aspihan Zain

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya