Setelah Nakes, kini giliran Lansia di Vaksinasi Covid 19

  • Whatsapp
Vaksinasi lansia dilaksanakan di Puskesmas Cempaka, Jalan Cempaka, Kelurahan Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

BANJARMASIN, kalselpos.com – Setelah melakukan vaksinasi kepada Tenaga kesehatan (Nakes) Banjarmasin, kini Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin melakukan vaksinasi kepada warga lanjut usia (lansia), Senin (1/3).

Bacaan Lainnya

Vaksinasi lansia tersebut dilaksanakan di Puskesmas Cempaka, Jalan Cempaka, Kelurahan Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Salah satu lansia peserta vaksinasi, Ria Mulya (61)mengaku sangat senang dan bersemangat mengikuti program vaksinasi massal yang dikeluarkan Pemerintah Republik Indonesia itu, sebagai salah satu upaya penanganan dan pencegahan Corona atau Covid-19.

“Ini adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu. Khususnya bagi para lansia, karena kami ingin sehat dan terbebas dari resiko paparan Covid-19,” ujar Ria, kepada wartawan.

Wanita yang merupakan warga Jalan Dahlia, Kecamatan Banjarmasin Barat itu menuturkan, ia sengaja menyebarluaskan kabar adanya program vaksinasi itu kepada teman sejawatnya melalui grup-grup WhatsApp.

“Percayalah, vaksin ini tidak menyakitkan dan akan memberikan kita kesehatan. Jadi jangan takut untuk menjalani vaksinasi,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi menjelaskan, bahwa program vaksinasi itu akan dilaksanakan di 26 Puskesmas dan 2 rumah sakit swasta, yakni Rumah Sakit (RS) Bhayangkara dan RS TPT Dr R Soeharsono Banjarmasin.

“Dalam pelaksanaannya, akan menyesuaikan dengan jumlah vaksin yang diterima dengan jumlah sasaran real yaitu 49.960 orang lansia yang akan menerima vaksin,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, jumlah vaksin yang diterima dari Kemenkes RI hanya berjumlah 1.490 vial. Yang setiap vial-nya bisa digunakan kepada 10 orang.

“Kalau kita jumlahkan Masih sangat jauh untuk bisa memenuhi target yang hampir 15 ribu orang sasaran yang diberikan dengan sebanyak dua kali dengan waktu 28 hari,” jelasnya.

Hal itu, di hari pertama ini vaksinasi para lansia di Puskesmas Cempaka antusiasnya sangat tinggi. “Hampir 50 lansia yang dilakukan vaksinasi di hari pertama ini,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Aspihan Zain

 

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya