Lapas Kelas IIA Kotabaru berikan pelatihan bagi Warga Binaan 

Pembukaan pelatihan kemandirian bersertifikat batik sasirangan dan las listrik yang berkerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kotabaru.

Kotabaru, kalselpos.com –  Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabaru melaksanakan pembukaan pelatihan kemandirian bersertifikat batik sasirangan dan las listrik yang berkerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kotabaru serta penandatanganan kerjasama Lapas Kotabaru dengan Usaha Dagang (UD) Brand Homemade Sabar Sasirangan, Jumat (26/2) kemarin.

Bacaan Lainnya

Acara tersebut dilangsungkan di Aula Kalapas Kelas IIA Kotabaru dan dibuka oleh Plt Kepala Divisi Pemasyararakatan Kalimantan Selatan serta dihadiri oleh Kalapas Kotabaru, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotabaru, Dinas Kesehatan Kotabaru, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) serta warga binaan Lapas yang mengikuti pelatihan.

Usai acara penandatanganan perjanjian kerjasama antara Lapas Kelas IIA Kotabaru dengan Usaha Dagang (UD) Brand Home Made Sabar Sasiringan dan juga penyerah bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotabaru berupa APD, masker, handsanitezer dan juga dari Dinas Kesehatan berupa alat tes Rapid Antigen serta obat-obatan Plt Kepala Divisi Pemasyarakatan Kalimantan Selatan Sudirman Jaya, A.md.IP., S.AP mengatakan, ini merupakan bentuk dari komitmen kita sesuai dengan perintah dari pimpinan agar di setiap Lapas di seluruh Indonesia harus ada pelatihan keterampilan yang mempunyai sertifikat.

“Tujuan dari pelatihan ini tentunya untuk bekal mereka setelah bebas nanti dan sertifikat yang didapat diakui dan legalitasnya jelas agar mereka akan mudah mendapatkan pekerjaan yang layak di masyarakat nantinya,” ucap Jaya sapaan akrabnya.

Kantor Wilayah Kalimantan Selatan lanjutnya, tentunya sangat mengaprisiasi apa yang sudah dilakukan Kalapas Kelas IIA Kotabaru ini dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan apa yang sudah menjadi ketentuan dan arahan dari pimpinan dan ini semuanya sudah dijalankan oleh Kalapas berserta dengan jajarannya.

“Semuanya ini harus didukung oleh semua jajaran di Lapas Kelas IIA Kotabaru agar kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik dan menghasilkan mantan-mantan warga binaan yang mempunyai keahlian dan keterampilan yang nantinya akan bermanfaat untuk hidupnya setelah bebas nanti,” ungkapnya.

Hal senada juga di katakan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas)  Kelas IIA Kotabaru Hidayat, Amd. IP, SH, MM, di Lapas Kelas IIA Kotabaru yang merupakan pelaksanaan putusan pengadilan berupa pembinaan baik pembinaan kemandirian maupun kepribadian.

Untuk pembekalan bagi warga binaan tentunya Lapas juga melaksanakan banyak pelatihan-pelatihan seperti halnya melas dan batik sasirangan yang saat ini telah bekerjasama dengan Usaha Dagang Brand Homemade Sabar Sasirangan.

“Dipilihnya keterampilan batik sasirangan ini karena saat ini banyak konsumen yang membutukan batik sasirangan ini dan juga meakomodir budaya lokal yang ada, begitu juga dalam hal pelatihan melas ini juga sangat dibutuhkan bagi masyarkat saat membangun misalnya membuat pagar, teralis, pot bunga dan yang lain tentunya keterampilan seperti yang ini lah yang dicari,” Jelas Kalapas.

“Ini lah yang jadi alasan kita memilih pelatihan ini bukan saja bahan bakunya mudah didapat tapi peminatnya di masyarakat juga sangat tinggi,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliana
Editor : Aspihan Zain

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya

Pos terkait