Wacana Relokasi Perkantoran Pemkab HST, Aulia: Apakah memang sangat perlu untuk dipindah

  • Whatsapp
Aulia Oktafiandi, Bupati HST.(Anas Aliando)

Banjarmasin, kalselpos.com – Wacana yang dilontarkan mantan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Berry Nahdian Furqon untuk merelokasi perkantoran Pemda HST ke tempat yang aman dari banjir beberapa waktu yang lalu, rupanya tidak seirama dengan pemikiran Bupati HST yang baru, Aulia Oktafiandi.

Ditemui Kalselpos.com usai dirinya dilantik sebagai Bupati HST periode 2021 – 2024, oleh Pj Gubernur Kalsel di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Jumat (26/2/2021) siang. Aulia yang didampingi pasangannya Wakil Bupati HST Mansyah Sabri mengatakan,  pada prinsipnya ibu kota itu baik provinsi, kota maupun kabupaten harus aman dari bencana alam.

Bacaan Lainnya

Aulia mengambil contoh perkantoran Pemprov Kalsel yang “hijrah” ke Kota Banjarbaru karena dianggap lebih aman dari banjir dan tanah longsor.

“Namun kita harus lebih obyektif menilai, apakah memang sangat perlu untuk dipindah atau ini hanya sebuah regulasi terhadap situasi alam yang hampir semuanya terdampak. Kita tidak bisa juga melihat gara-gara bencana alam perkantoran harus  pindah,” ucapnya.

Menurut Aulia yang lebih tepat dilakukan saat ini adalah, bagaimana membuat banjir yang jika datang menerjang HST cepat surut.

“Di daerah lain mungkin lebih susah (surut) misalnya di Kabupaten Banjar karena banyak rawa, kalau  di daerah kita (HST) masih bisa alirkan dengan cepat,” ungkapnya.

Karena itulah, lanjut Aulia, tugas maha penting yang akan dilaksanan segera adalah, memperbaiki daerah aliran sungai dari hulu ke hilir agar air cepat surut. “Ini juga yang dilakukan Kota Banjarmasin, mereka memikirkan bagaimana air bisa mengalir. Kita juga memikirkan itu,” cetusnya.

Aulia juga mengatakan karena masa jabatan yang diemban waktunya lebih pendek dari periode sebelumnya yang hanya 4 tahun, maka Pemkab HST segera tancap gas melakukan langkah kongkrit.

“Kita siapkan penganggaran, terus berkoordinasi dengan DPRD. Yang jelas penanganan pasca banjir dan Covid-19 adalah pusat perhatian kami,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya