DPRD dan Kemenkumham lakukan MoU pembentukan Raperda

  • Whatsapp
Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel, M. Syaripuddin (tengah) saat menjadi narasumber.(ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Untuk meminimalisir hambatan dan tantangan dalam membentuk Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) lakukan MoU bersama wakil rakyat di tingkat kabupaten/kota serta Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) demi mewujudkan Raperda yang singkron dan harmonis.

“Kami ingin agar nantinya tidak ada tumpang tindih aturan sehingga semua regulasi tersebut bisa berjalan dengan baik,” ujar Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel, M. Syaripuddin kepada kalselpos.com, Selasa (23/02).

Advertisements

Bacaan Lainnya

Pria yang karib disapa Paman Bang Dhin ini menjelaskan dari rakor sekaligus MoU tersebut tentunya untuk menyamakan implementasi dan konsepsi sebagai prinsip sebelum membentuk Raperda, agar tidak ada yang dirugikan dan semua semata-mata untuk menghasilkan kebermanfaatan masyarakat.

“Tentunya semua itu adalah cita-cita kita bersama agar bisa berjalan dengan baik, serta menghindari tumpang tindih peraturan.
Raperda apapun itu orientasinya jelas menjunjung tinggi azas kemaslahatan rakyat sehingga aturan dibuat dengan penuh kehati-hatian, ketelitian memenuhi unsur kajian dan lainnya,” terang politisi muda PDIP ini.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Kalsel, Tejo Harwanto mengatakan rakor ini ajang untuk duduk bersama mencari solusi serta meminimalisir hambatan dan tantangan dalam proses kerja pembentukan Raperda.

“Kami berharap bahwa aturan yang dibuat benar-benar bisa memberikan manfaat bagi semua, sesuai tema rakor kali ini, sinkronisasi dan pengharmonisasian, pembulatan serta pemantapan rancangan peraturan daerah,” ucap Tejo Harwanto.

Kemudian Kabag Perundang-undangan Biro Hukum Setda Provinsi Kalsel, Gt. Muhammad Noor Alamsyah SH MH menegaskan Raperda itu harus responsif, humanis dan implementatif agar bisa dipertanggungjawabkan.

“Dengan prinsip tertib regulasi dan tertib kewenangan, agar menghasilkan Raperda yang berkualitas,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Sidik
Editor: Bambang CE

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya

Advertisements