Wabup Samsuri Ikut Rakornas Karhutla Bersama Presiden Jokowi‎ ‎

  • Whatsapp
RAKORNAS- Wakil Bupati Kabupaten HSS, Syamsuri Arsyad, mengikuti rapat koordinasi nasional penanganan karhutla secara virtual.(kominfo)

Kandangan, kalselpos.com– Mencegah dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada 2021, Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad dan jajaran forum pimpinan daerah (Forkopimda) mengikuti rapat koordinasi nasional (Rakornas) ‎ dengan Presiden RI Joko Widodo, secara virtual melalui video conference (Vidcon), dari Ruang Media Center Sekretaria Daerah (Setda) HSS, Senin (22/2)‎.

Dalam rakornas tersebut,‎ Prediden Jokowi mengingatkan untuk mencegah karhutla di tahun 2021 dengan memprioritaskan upaya pencegahan seperti manajemen lapangan harus terkonsolidasi dan terorganisasi. “Gerakkan semua pihak untuk melakukan deteksi dini dan memonitoring area rawan hot spot dan pemanfaatan teknologi,” ujar Jokowi.‎

Selain itu, kata Jokowi, melakukan monitoring dan pengawasan sampai tingkat bawah yang melibatkan Babinsa, Babinkamtibmas dan kepala desa (Kades). “Berikan pendidikan edukasi terus menerus kepada masyarakat sampai perusahaan di daerah yang rawan hot spot untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar,” ujarnya.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Menurutnya, mencegah karhutla, tidak kalah pentingnya dengan melakukan penataan ekosistem gambut dikawasan hidrologi gambut serta penegakkan hukum dilakukan tanpa kompromi kepada siapapun yang melakukan pembakaran hutan. “Tegakkan hukum bagi siapa saja yang melakukan pembakaran hutan dan lahan,” tegasnya.‎

Sementara itu, Wabup Kabupaten HSS, Syamsuri Arsyad, mengatakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo mencegah terjadi karhutla jangan biarkan api kecil sampai membesar.‎ “Kita akan menyosialisasikan dan memberikan edukasi semaksimal mungkin kepada para petani dan penggarap lahan. Supaya tidak membuka lahan dengan cara membakar,” ujarnya.

Kapolres HSS AKBP Siswoyo mengatakan mencegah karhutla semua pihak harus bersinergisitas dalam pencegahannya. ‎“Jika ditemukan unsur pelanggaran hukum yang menyebabkan karhutla tentunya akan diberikan tindakan hukum yang tegas,” jelasnya.

Dandim 1003/Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono mengatakan TNI siap bekerja sama dan bersinergisitas bersama Polri dan Pemkab HSS dalam mencegah karhutla. ‎“Sesuai arahan Presiden Jokow Widodo, kami siap terus berupaya mencegah karhutla,” ujarnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor : Wandi

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya

Advertisements