Batola Lanjutkan Vaksinasi Tahap 2

  • Whatsapp
Batola melaksanakan vaksin Covid-19 tahap 2 kepada TNI dan Polri.(ist)

Marabahan,kalselpos.com – Setelah melaksanakan vaksinasi tahap 1 Pemkab Barito Kuala (Batola), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melaksanakan Vaksinasi tahap 2 pada 18/2/21 di Aula Selidah Kantor Bupati.

Sebagaimana tahap 1 vaksinasi tahap 2 ini objek yang menjadi sasaran pejabat publik dan tenaga kesehatan (nakes), mulai kepala daerah dan jajaran forkopimda, perwakilan kemenag, perwakilan MUI, pimpinan organisasi pemuda (Ketua KNPI), 19 pejabat struktural di Dinas Kesehatan Batola, 14 pejabat struktural RSUD H Abdul Azis Marabahan, dan 11 orang dari organisasi profesi.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Sebagaimana tahap I mereka yang divaksin kali ini juga terlebih dahulu dilakukan pendaftaran dan screening (seleksi). Jika dinyatakan memenuhi baru dilakukan penyuntikan vaksin dan pencatatan serta diberikan kartu vaksin.

Sembari menunggu 30 menit atas reaksi peserta juga diedukasi serta antisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) terhadap kemungkinan terjadi inflamasi dan tanda kemerahan pada area bekas suntikan.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola, dr Hj Azizah Sri Widari menyatakan, untuk suntikan kedua kepada forkopimda dan tokoh masyarakat yang sudah didaftarkan tahap 1 telah dilaksanakan vaksinasi dengan sukses.

Hal yang sama, lanjutnya, juga akan dilakukan kepada para nakes.
“Jadi hari ini sebagian nakes yang ada di dinkes akan melanjutkan suntikan vaksinasi kedua. Sedangkan untuk nakes yang ada di puskesmas akan menyesuaikan jadwal pada suntikan pertama sesuai jedanya 14 hari,” papar Azizah.

Azizah menerangkan, untuk vaksinasi I target nakes sudah mencapai 79 persen. Belum terpenuhinya target peserta di tahap 1, katanya, disebabkan beragam, diantaranya karena adanya yang tidak memenuhi syarat pada saat screening dan juga terdapat sebagian yang memang masih merasa enggan.

Namun demikian, jelas Azizah, pihaknya sedang memberikan sosialisasi dan edukasi kepada kawan-kawan supaya tetap dilakukan vaksin.

Azizah menambahkan, bersamaan dengan kegiatan vaksinasi tahap 2 ini, pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada para pimpinan SKPD terkait persiapan pemberian vaksinasi tahap 2 untuk TNI/Polri dan petugas pelayanan publik termasuk wartawan. Kendati untuk jadwal tepatnya Azizah belum bisa menentukan.

“Untuk jadwal tepatnya kami belum bisa menentukan mengingat masih dalam tahap sosialisasi dan sinkronisasi data,” bebernya sembari menyatakan bagi kawan-kawan SKPD pihaknya telah dikirimkan surat terkait persiapan data calon yang akan divaksin.

Sementara menyangkut ketersediaan vaksin, wanita ramah itu menyatakan, pihaknya tentunya mengalokasikan sesuai ketersediaan dosis yang diterima. Untuk Tahap 1 katanya, Batola mendapatkan 1.960 dosis.

“Untuk tahap 2 bagi TNI/Polri dan petugas pelayanan publik kita belum diberikan kuota vaksin. Kemungkinan tergantung data yang dikirim masing-masing instansi ke Kemenkes,” terangnya.

Terkait kesiapan vaksinator, dalam rangka memberikan pelayanan di seluruh wilayah Batola, Kadinkes Batola itu menyatakan, pihaknya telah menyiapkan 1 puskesmas 5 vaksinator sesuai standar yang ditentukan kementerian yang dilatih.

“Sebenarnya kita bisa mengembangkan lebih banyak dari kawan-kawan 5 orang yang dilatih bisa memberi job training kepada kawan-kawannya. Jadi tidak terbatas yang bisa memberikan vaksin,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : muliadi
Editor : muliadi/relhum

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya

Advertisements