Subkon PT Sebuku lakukan Blasting, sejumlah rumah Warga mendadak ‘Retak – retak’

  • Whatsapp
[]istimewa PELEDAKAN - Aktivitas peledakan PT Hillcon yang menyebabkan sejumlah rumah warga Desa Sungup Kanan mengalami retak - retak.

KOTABARUkalselpos.com – Aktivitas peledakan (blasting) di lokasi pertambangan batubara yang dilakukan PT Hillcon, subkontraktor PT Sebuku Tanjung Coal (STC), di Kecamatan Pulau Laut Tengah, Kabupaten Kotabaru menyebabkan dinding rumah beton milik sejumlah warga Desa Sungup Kanan mengalami keretakkan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan blasting memang cukup dekat, hanya berjarak kisaran 300 meter dari pemukiman.

Ditemui dirumahnya, Sahrani Efendi, warga RT 4 Desa Sungup Kanan, kepada kalselpos.com mengaku, dia terpaksa mengadu dan memprotes pihak perusahaan, lantaran rumahnya retak akibat getaran proses peledakan itu.

Aduannya itu kemudian ditanggapi pihak perusahaan yang langsung melakukan pengecekan ke lokasi rumah.

Usai melihat kondisi rumah Sahrani, tidak lama bantuan dari perusahaan pun datang, berupa beberapa sak semen dan cat dinding.

Sahrani spontan menolak pemberian itu, karena merasa bantuannya tidak sesuai dengan kerusakan rumahnya.

“Ini tidak sesuai ganti ruginya,” beber Sahrani, Kamis (18/2/21) kemarin.

Dia berharap kepada perusahaan, agar memberikan ganti rugi yang sebanding atas kerusakan rumah miliknya.

Kepala Desa Sungup Kanan, Aisyah, membenarkan kejadian itu. “Rumah warga banyak yang retak. Sebagian sudah ada yang diperbaiki. Seperti kantor desa yang juga retak, kini sudah diperbaiki oleh perusahaan,” sebutnya.

Menanggapi kejadian itu, pihak manajemen PT STC lewat Head External Affair, E Herbeth Sitinjak di dampingi rekan kerjanya Kahrani, mengaku jika pihaknya sudah melakukan perbaikan rumah warga yang retak, dampak dari aktivitas blasting.

“Sebagian rumah warga sudah diperbaiki oleh PT Hillcon yang melakukan kegiatan peledakan di wilayah itu. Namun beberapa warga yang tidak mau diperbaiki rumahnya, karena pemilik rumah meminta ganti rugi, berupa uang,” jelasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis. : ardiansyah
Editor. …: s.a lingga

 

Pos terkait