Satgas Normalisasi Sungai keruk Sungai Kuripan

  • Whatsapp
Sungai Kuripan dikeruk dengan alat excavator untuk mempercepat proses pengerjaan.Dikawal dengan aparat kepolisian serta Satpol PP Banjarmasin.

BANJARMASIN, kalselpos.com – Tim Satuan Tugas (Satgas) Normalisasi Sungai lakukan pengerukan Sungai Kuripan mengantisipasi banjir susulan, Rabu (17/02/2021).

Sungai Kuripan dikeruk dengan alat excavator untuk mempercepat proses pengerjaan.Dikawal dengan aparat kepolisian serta Satpol PP Banjarmasin.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, Satgas Normalisasi Sungai sudah membongkar bangunan maupun jembatan yang menghalangi aliran Sungai Kuripan.

Ketua Satgas Normalisasi Sungai, Doyo Pudjadi mengatakan selama ini tim Satgas Normalisasi Sungai sudah bergerak melakukan beberapa titik pembongkar di kawasan sepanjang Jalan Achmad Yani dan di kawas Veteran.

“Pengerukan ini guna untuk mengantisipasi banjir susulan,” ujar Doyo Pudjadi, kepada wartawan.

Ia menjelaskan, pengerukan sungai Kuripan itu juga sekaligus melakukan sosialisasi kepada rumah masyarakat yang masih ada di atas sungai mau pun yang menutupi arus agar bisa membongkar sendiri.

“Terlihat masih ada rumah yang masih dibantaran sungai Kuripan ini kita masih dalam negosiasi untuk bisa warga membongkar sendiri,” ungkapnya.

Namun, jika masyarakat sudah membongkar sendiri maka tim satgas normalisasi sungai langsung mengeruk yang ada di sepanjang sungai Kuripan tersebut.

Sesuai Perda nomor 14 tahun 2009 tentang bangunan panggung, dan peraturan daerah kota Banjarmasin nomor 15 tahun 2012 tentang izin mendirikan panggung peraturan daerah kota Banjarmasin, serta nomor 31 tahun 2012 tentang penetapan pengaturan pemanfaatan sepadan sungai dan bekas sungai.

“Selama ini dalam normalisasi sungai warga tentu ada penolakan, tetapi pihak Satgas Normalisasi Sungai tentu kita sikapi dengan positif,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Aspihan Zain

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya