Safrizal resmi dilantik sebagai Pj Gubernur Kalsel

  • Whatsapp
1. Mendagri Tito Karnavian melantik Safrizal sebagai Pj Gubernur Kalsel.(ist)

Banjarbaru, kalselpos.com – Safrizal, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Bina Adwil) resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) oleh Mendagri Tito Karnavian secara virtual dari Kemendagri Jakarta, Senin (15/2/2021) siang.

Dalam sambutannya, Tito mengatakan, Gubernur Kalsel  telah mengakhiri masa jabatannya pada 12 Februari lalu. Kemudian dilanjutkan pelaksana harian yang merupakan Plt Sekdaprov Kalsel.

Bacaan Lainnya

“Penunjukan penjabat ini sempat tertunda dengan adanya tanggal libur perayaan Imlek dan akhir pekan. Sehingga baru bisa dilaksanakan hari ini,” ujar mantan Kapolri itu.

Percepatan penunjukan karena proses Pilkada untuk Kalsel masih dalam proses di Mahkamah Konstitusi. Kemudian situasi daerah di Kalsel mengalami bencana banjir.

Safrizal, Pj Gubernur Kalsel.(ist)

Karena itulah, lanjut Tito, Kemendagri melantik  Safrizal sebagai Pj gubernur sampai  proses Pilkada Kalsel selesai dan memiliki pejabat definitif. Sebab, kondisi Kalsel yang mengalami banjir memerlukan upaya percepatan mitigasi pasca bencana.

”Karena itulah salah satu faktor penunjukan untuk menjadi penjabat gubernur Kalsel hari ini. Untuk mempercepat mitigasi bencana, korban dibantu secara materiil dan moril,” imbuhnya.

Tito berpesan, Safrizal mampu mendukung proses demokrasi di Kalsel. Sebab, tahapan pilkada sudah memasuki tahap akhir di Mahkamah Konstitusi.

”Kita tunggu dan hormati keputusannya,” ujar Tito Karnavian.

Informasi yang diterima kalselpos.com dari Wira Yudha selaku Kepala Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Setdaprov Kalsel, Safrizal akan tiba di Kalsel pada besok Selasa 16 Februari 2021.

“Selanjutnya akan  berkoordinasi dengan seluruh SKPD terkait jalannya pemerintahan di Kalsel. Pelantikan yang terkesan mendadak ini, untuk mengantisipasi terjadinya kekosongan jabatan. Dengan adanya Pj ini setidaknya tugas gubernur sebelumnya bisa dilaksanakan,” ujar Wira Yudha.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya