Komisi I harapkan secepatnya inventarisasi kerusakan rumah untuk Ganti Rugi

  • Whatsapp
Ketua Komisi I Hj Rachmah Norlias (kanan) secara simbolis menyerahkan bantuan sembako kepada pihak Kecamatan Alalak Kabupaten Batola.(ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Pastikan kesiapan dan penanganan transisi tanggap darurat bencana ke pasca bencana, rombongan Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sambangi Kabupaten Tanah Laut (Tala) dan Barito Kuala (Batola) dalam rangkaian kunjungan kerja (kunker) Rabu dan Kamis tanggal 10 – 11 Febaruari 2021.

Hari pertama kunjungan dilaksanakan dialog langsung dengan pihak Kecamatan Alalak, hasil diskusi terdapat beberapa permasalahan di antaranya sarana dan prasarana jalan yang rusak sehingga secara langsung berpengaruh terhadap roda perekonomian masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Selain itu juga ada beberapa permintaan masyarakat petani agar dibantu diberikan bibit karena dampak banjir telah mengganggu lahan pertanian,” ujar
Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Hj Rachmah Norlias Kepada kalselpos.com, Jumat (12/02).

Politisi PAN ini menambahkan, dampak musibah banjir yang melanda beberapa Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan (Kalsel) pihaknya dan akan berkoordinasi guna menyalurkan perihal yang menjadi keluhan sekaligus aspirasi masyarakat kepada pihak terkait agar dicarikan solusinya.

Terutama SKPD dan Komisi di DPRD yang bersentuhan langsung terlebih kerusakan infrastruktur sangat mengganggu mobilitas masyarakat sehingga orientasinya menghambat perekonomian masyarakat, apalagi Pemerintah tengah gencar memulihkan sektor ekonomi karena pandemi Covid-19.

“Penanganan pascabanjir ini tidak bisa hanya kabupaten saja yang menanganinya akan tetapi harus melibatkan Pemprov dan Balai Jalan, karena banyaknya fasilitas umum yang rusak,” sebutnya.

Kemudian Sekretaris Komisi I H Suripno Sumas mengapresiasi penanganan banjir yang telah dilaksanakan dengan baik oleh Pemkab Tala. Selanjutnya terkait bantuan pemerintah pusat berupaya mengakomodir untuk rumah yang rusak.

Diharapkannya pemerintah menginventarisasi kerusakan rumah di Kabupaten Tala untuk diberikan ganti rugi sesuai dengan tingkat kerusakannya
dan secepatnya menginventarisir data untuk yang diserahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel.

“Nilai ganti ruginya dikategorikan menjadi tiga, yakni rusak berat, sedang dan rusak ringan dan berkasnya telah diserahkan ke tingkat pusat sehingga pasca bencana dari Badan Nasional Penanggulangan
Bencana (BNPB) segera untuk merealisasi dan mencairkannya,” terang Politisi PKB ini.

Di sela-sela kegiatan di dua kabupaten tersebut Komisi I DPRD Kalsel bersama BPBD menyerahkan bantuan sembako di kedua Kecamatan.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Sidik
Editor: Bambang CE

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya